Aku cinta Indonesia

Tujuh Fakta Tol Cisumdawu Terindah Di Indonesia(3/3)

(katadata.co.id)- 4. Memiliki tujuh simpang susun Tol Cisumdawu memiliki tujuh simpang susun.

Ketujuh simpang susun (SS) itu adalah Junction Cileunyi, SS Rancakalong, SS Sumedang, SS Cimalaka, SS Legok, SS Ujung Jaya, dan Junction Dawuan.

 

5-Terkendala pembebasan lahan

Masalah pembebasan lahan jadi masalah klasik yang kerap dihadapi dalam pembangunan infrastruktur, termasuk proyek Tol Cisumdawu. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pembebasan tanah untuk proyek ini mencapai 70%. “Ada 30% yang belum.

 

Kami sudah sepakat dengan menteri, penyelesaiannya ada di bupati dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN),” ujar Luhut, Senin (6/1). Menhub (kala itu) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembebasan lahan yang agak lambat ada di seksi IV dan V.

 

“Kami harapkan pada Desember 2020, seksi I, II, III, dan VI selesai. Untuk seksi IV dan V kami gunakan jalan kabupaten, provinsi atau jalan negara yang menghubungkannya,” kata Budi.

 

6-Pemerintah ambil alih pengerjaan konstruksi dari kontraktor Tiongkok

Pemerintah mengambil alih sebagian porsi pengerjaan proyek Tol Cisumdawu dari kontraktor Tiongkok karena pengerjaannya dinilai lambat. Semula porsi kontraktor Tiongkok mencapai 65% dan Indonesia 35%.

 

“Saat ini pengerjaannya telah menjadi 45% oleh kontraktor asal Tiongkok dan 55% oleh Kementerian PUPR,” ujar Danang dalam siaran pers, Minggu (19/1), seperti dikutip Okezone.com. Porsi yang diambil alih adalah sebagian dari pembangunan seksi II Rancakalong-Sumedang.

 

7-Seksi I-III beroperasi layani arus mudik Lebaran 2020 Kementerian PUPR menargetkan seksi I-III Tol Cisumdawu sepanjang 33 km dapat difungsikan untuk melayani arus mudik Lebaran 2020. Menurut Danang, pada Lebaran 2019 lalu jalan tol ini sudah dibuka tetapi hanya sampai di Terowongan Rancakalong.

 

(Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Tujuh Fakta Tol Cisumdawu, Tol Terindah di Indonesia” , Penulis / Editor: Hari Widowati ; Bahan dari : https://katadata.co.id/berita/2020/01/20/tujuh-fakta-tol-cisumdawu-tol-terindah-di-indonesia)-FatchurR * Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close