Selingan

11 Tradisi Lebaran Masyarakat Indonesia(1/2)

(news.detik.com)-JAKARTA; Idul Fitri atau Lebaran adalah hari kemenangan bagi Muslim. Ada beberapa kegiatan yang jadi Tradisi Lebaran bagi masyarakat Indonesia. Tradisi ini bahkan sudah dinanti-nantikan. Berikut tradisi Lebaran masyarakat Indonesia:

 

1-Mudik (Khusus tahun 2020 dilarang mudik, untuk cegah sebaran Covid-19)

Mudik merupakan tradisi lebaran masyarakat Indonesia yang selalu dilakukan. Meskipun tarif transportasi mahal atau menempuh perjalanan dengan macet berjam-jam, masyarakat tetap saja mudik ke kampung halaman.

Saat mudik biasanya Jakarta akan sepi. Pemudik pulang ke kampung halaman di sekitar Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera, bahkan Sulawesi. Di kampung halaman, pemudik dapat bermaaf-maafan dengan orangtua, saudara, dan teman kecil. Selain itu, momen mudik dimanfaatkan untuk berwisata.

 

2-Bedug Lebaran

Biasanya masyarakat akan menabuh bedug sebagai ungkapan kebahagiaan dengan berjalan kaki. Tabuhan bedug ini dilakukan dengan keliling kampung atau kompleks. Lantunan takbir menambah indah momen bedug. Bedug dimulai dari malam takbiran hingga sebelum sholat Idul Fitri.

 

3-Silaturahmi
Masyarakat Indonesia kerap bersilaturahmi atau halal bi halal. Halal bi halal adalah istilah saling mengunjungi teman, tetangga, dan sanak saudara untuk saling bermaafan. Namun kini, bersilaturahmi atau halal bi halal tidak harus bertatap muka. Masyarakat bisa menggunakan telepon, video, dan media sosial untuk bermaaf-maafan, khususnya dimusim Covid-19 ini

 

4-Bikin Ketupat

Ketupat merupakan menu wajib saat lebaran tiba. Ketupat berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda atau janur. Makanan ini disajikan dengan opor ayam, rendang daging, semur, dan sayur. Jangan lupa menambahkan kerupuk pada ketupat.

 

(nwy/fay; Niken Widya Yunita; Bahan dari :  https://news.detik.com/berita/d-4575164/12-tradisi-lebaran-masyarakat-indonesia-yang-dinantikan)-FatchurR * Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close