Selingan

11 Tradisi Lebaran Masyarakat Indonesia(2/2)

(news.detik.com)-JAKARTA; 5-Kue Lebaran

Kue Lebaran merupakan menu yang selalu turun-menurun dilakukan. Kue khasnya yakni kastangel, nastar, putri salju, kacang goreng, kue kacang, kue lidah kucing, dan kue kering lainnya. Masyarakat bisa membuat sendiri kue tersebut atau membelinya di toko-toko. Kue lebaran bisa menjadi penganan saat bersilaturahmi ke sanak saudara.

 

6-THR
Nah, Tradisi Lebaran yang satu ini paling ditunggu-tunggu. Ya, THR atau Tunjangan Hari Raya. THR dibagikan kepada anak-anak kecil. Untuk karyawan atau pegawai negeri sipil juga mendapat THR.

 

7-Baju Lebaran

Tradisi disimbolkan sebagai hari yang fitri. Rasullah menyarankan umat Muslim untuk mengenakan baju terbaik saat Lebaran. Masyarakat Indonesia kerap membeli baju lebaran di hari yang suci tersebut. Namun kalau uang terbatas dan baju masih bagus, tidak mengapa mengenakan pakaian yang lama.

 

8-Ziarah Makam

Usai sholat Idul Fitri, warga akan berbondong-bondong berziarah ke makam orangtua. Hal ini sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia.

 

9-Wisata
Pemerintah biasanya menetapkan libur lebaran dengan waktu yang panjang. Waktu itu dimanfaatkan masyarakat untuk wisata. Tradisi ini membuat tempat-tempat wisata penuh.

 

10-Main Petasan
Setiap Lebaran sudah pasti tradisinya dengan bermain petasan dan kembang api. Bahkan petasan dan kembang api sudah dijual saat awal puasa.

 

11-Parcel
Tradisi Lebaran masyarakat Indonesia yang terakhir yakni mengirimkan parcel. Parcel dikirim ke rekan bisnis dan kerabat. Hal ini demi menjalin tali silaturahmi. Isi parcel biasanya makanan, minuman, atau barang pecah-belah.

(nwy/fay; Niken Widya Yunita; Bahan dari :  https://news.detik.com/berita/d-4575164/12-tradisi-lebaran-masyarakat-indonesia-yang-dinantikan)-FatchurR * Tamat……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close