Selingan

5 Masjid Di Thailand Hingga Skotlandia Beri Makanan Gratis Selama Ramadhan(1/2)

(food.detik.com)-JAKARTA; Masjid yang membagikan makanan selama Ramadhan tak hanya ada di Indonesia saja. Masjid di Bangkok hingga Skotlandia ini juga melakukan inisiatif serupa.

 

Membagikan makanan selama Ramadhan dilakukan banyak orang. Tujuannya membantu sesama dan mengincar pahala. Sebab memberikan makanan pada orang yang puasa akan mendapat ganjaran pahala berlimpah. Tak hanya dilakukan individu, inisiatif berbagi makanan selama Ramadhan juga dilakukan masjid. Hal ini jadi pemandangan jamak di Indonesia.

 

Banyak Masjid rutin membagikan makanan, umumnya menu buka puasa, sebulan penuh. Masjid-masjid di luar negeri pun turut bagikan makanan gratis selama Ramadhan. Sasarannya terutama Muslim yang tidak mampu. Lokasi masjid ini tersebar dari Thailand hingga Skotlandia.

 

Berikut 5 Masjid yang bagikan makanan Ramadhan:

1-Indonesia

Di Indonesia banyak masjid yang membagikan makanan Ramadhan gratis. Salah satu yang selalu jadi sorotan adalah Masjid Istiqlal. Dari tahun ke tahun, masjid terbesar di Asia Tenggara ini rutin berbagi ribuan porsi makanan buka puasa.

 

Pihak masjid bahkan mendirikan dapur umum untuk menyiapkan makanan. Biasanya berupa nasi kotak dengan isian aneka lauk. Sebelum virus Corona menyebar, biasanya Masjid Istiqlal dipenuhi 3.000-7.000 jamaah setiap hari untuk buka puasa.

 

Di tengah pandemi COVID-19, pembagian makanan tak berlangsung seperti biasa. Pihak Masjid Istiqlal memilih opsi mengantarkan makanan. Pengurus mengatur titik-titik penyebaran secara bergantian. Salah satu pihak yang sudah meminta menu Ramadhan dari Masjid Istiqlal adalah Lapas Cipinang.

2-Thailand
Pengurus Masjid Bang Aw di Bangkok berinisiatif mulia selama Ramadhan. Mereka berbagi makanan pada warga Muslim di sekitar masjid. Pengantaran makanan menggunakan rantang untuk menjaga higienitas.

 

Ada puluhan rantang plastik yang disiapkan. Nantinya rantang-rantang itu akan dibagikan jelang waktu buka puasa ke rumah warga. Hal ini karena kegiatan buka puasa bersama di masjid tak bisa dilakukan.

 

Seperti halnya di Indonesia, kegiatan ibadah di Masjid Bang Aw ditiadakan selama pandemi COVID-19. Meski begitu, semangat mereka berbagi makanan tak surut. Relawan memasak banyak menu dalam porsi besar di halaman masjid.

 

(Anddi Annisa Dwi Rahmawati; Bahan dari :  https://food.detik.com/info-kuliner/d-5002821/5-masjid-di-thailand-hingga-skotlandia-ini-beri-makanan-gratis-selama-ramadhan?_ga=2.105852683.982465072.1588667226-463280980.1577558259)-FatchurR * Bersambung……..…

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close