Selingan

5 Takjil Langka Yang Hanya Dijumpai Saat Ramadhan

(okezone.com)-Indonesia tak hanya kaya keindahan alamnya, kuliner juga beragam. Bulan Ramadhan  jadi momen sajian khas Nusantara sebagai takjil berbuka puasa. Okezoners bisa mencoba membuat takjil khas Nusantara andalan dari akun komunitas traveling Indonesia @backpackerjakarta berikut ini.

 

1-Es Selendang Mayang

Minuman legit khas Betawi ini sulit ditemukan di lapak pedagang. Tampilannya perpaduan antara kue kenyal warna-warni dari tepung beras yang disiram dengan kuah santan dan gula merah cair. Rasanya manis gurih serta mengenyangkan.

 

2-Bubur Kampiun

Kudapan khas Bukittinggi, Sumbar ini terbuat dari campuran elemen seperti bubur candil, kacang hijau, kolak pisang/ubi, ketan, dan kolang-kaling. Bahan campuran itu disiram kuah santan yang dicampur gula merah cair. Rasanya kian tak tertandingi jika isiannya banyak.

 

3-Kicak

Makanan ini termasuk langka karena hanya dijual saat bulan Ramadhan di Pasar Sore Kampung Kauman, Yogyakarta. Bahannya sederhana karena terbuat dari singkong rebus parut yang ditumbuk halus.

 

Bahan utama ini kemudian dicampur dengan gula merah, parutan kelapa, santan, daun pandan serta potongan buah nangka. Rasanya yang manis dan gurih sangat pas untuk dinikmati ketika berbuka.

 

4-Asida

Bentuk dan rasa Asida terbilang eksotis karena berbentuk bulat kecokelatan dengan rasa rempah kapulaga yang kuat. Kue manis asal Maluku ini hanya disajikan.

 

Adonannya terbuat dari terigu dan air yang dibentuk bola-bola sekepalan tangan. Warna cokelat terbentuk dari saringan air gula merah, kayu manis bubuk, pandan, dan kapulaga. Setelah adonan bulat tadi kalis, bentuklah lubang tepat di tengahnya sembari dilumeri dengan mentega.

 

5-Ketan Bintul

Ketan Bintul salah satu kudapan khas Ramadhan dari Serang, Banten. Makanan berbahan baku nasi ketan yang ditumbuk dan disajikan dengan taburan serundeng dan kuah rendang daging sapi ini konon merupakan kesukaan para raja Banten.

Selain rasanya lezat dan gurih, Ketan Bintul juga bisa mengenyangkan perut setelah berpuasa seharian.

 

(ful; Fitria Diah Astuti;  Bahan  dari : https://www.okezone.com/tren/read/2020/04/30/620/2207103/5-takjil-langka-nusantara-yang-hanya-dijumpai-saat-ramadhan?page=)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close