Islam

Salat Idul Fitri Berjamaah Di Masjid Atau Lapangan Sangat Berisiko

(jawapos.com)-MUI memang memperbolehkan pelaksanaan Salat Idul Fitri berjamaah di tengah pandemi. Namun, pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 lebih menyarankan tidak dilakukan berjamaah di luar rumah, karena sangat berisiko.

 

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menuturkan, masyarakat di sejumlah daerah tetap akan menggelar salat Id secara berjamaah, baik di masjid atau di lapangan.

 

Jika dilakukan berjamaah, maka itu sangat berisiko terhadap penularan virus korona di Tanah Air. “Mohon dimaklumi suatu hal yang bisa menimbulkan risiko (penularan-Red),” ujar Doni usai rapat dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, (18/5).

 

Alasan Doni tidak menyarankan pelaksanaan Salat Id berjamaah karena ditengarai ada jamaah yang  tertular tapi dia masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG). “Risiko tertular itu tinggi terhadap masyarakat yang memiliki penyakit lain. Bahkan dapat menimbulkan kematian,” ungkapnya.

 

Sebelumnya, Menag Fachrul Razi mengimbau agar umat Islam menyambut Idul Fitri dengan tetap tinggal di rumah bersama keluarga inti. Pelaksanan Salat Idul Fitri pun di rumah. MUI mengeluarkan Fatwa MUI No. 28/2020 terkait panduan kaifiat (tata cara) takbir dan Salat Idul Fitri di tengah pandemi virus Korona.

 

Dalam fatwa MUI itu disebutkan bahwa shalat Idul Fitri boleh dilakukan di rumah secara berjamaah atau sendiri. Hal itu diutamakan bagi umat Islam di daerah penyebaran Covid-19 yang belum terkendali.

 

“Salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid),” ujar Sekjen MUI Anwar Abbas.

 

Jika Salat Idul Fitri dilakukan secara berjemaah, maka jumlah jamaah minimal empat orang yang terdiri atas satu orang imam dan tiga orang makmum.

 

Jika jamaah kurang dari empat orang atau jika dalam pelaksanaan salat di rumah tidak ada yang berkemampuan untuk berkhotbah, maka Salat Idul Fitri boleh dilakukan berjamaah tanpa khotbah.

 

(Editor : Ilham Safutra; Reporter : Gunawan Wibisono; Bahan  dari :  https://www.jawapos.com/nasional/18/05/2020/salat-idul-fitri-berjamaah-di-masjid-atau-lapangan-sangat-berisiko/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close