Kesehatan

Agar Imunitas Kuat Jangan Kekurangan Protein

(lifestyle.kompas.com)- Orang lanjut usia (Lansia) itu kelompok yang paling rentan tertular dalam pandemic Covid-19. Perhatian khusus terhadap kesehatan mereka perlu dilakukan.

 

Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kekuatan imun adalah asupan nutrisi yang cukup, khususnya protein. Asupan protein tak hanya berpengaruh pada imunitas, tetapi juga bantu meningkatkan massa otot yang baik sehingga dapat bantu mencegah hilangnya kekuatan otot.

 

Sistem imun dibentuk oleh kinerja sel tubuh yang kompleks, jaringan otot, serta organ yang bekerja jadi satu kesatuan untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh Peran protein dalam hal ini adalah mempertahankan fungsi kekebalan tubuh normal sehingga dapat terlindungi dari berbagai penyakit, khususnya karena kandungan asam amino yang cukup tinggi di dalamnya.

 

Menurut peneliti Jacqueline Boff, Ph.D., M.B.A., jumlah konsumsi protein yang dibutuhkan oleh lansia adalah 50% lebih tinggi dari orang dewasa pada umumnya.

 

“Pada lansia, tubuhnya akan mengalami perlambatan dalam mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Karenanya, penting untuk memastikan bahwa mereka yang sudah memasuki fase Lansia mengonsumsi makanan yang mengandung 25-30 gram protein secara regular,” katanya.

 

Selain itu, menjaga keseimbangan sumber protein juga berdampak besar untuk hidup tetap sehat dan terus aktif. Salah satu cara untuk menyeimbangkan kebutuhan protein adalah dengan mengonsumsi asupan gizi dari sumber yang lengkap.

 

Konsumsi beragam jenis makanan dan minuman. Jika lansia tidak dapat mengonsumsi makanan karena sedang sakit atau tidak bisa mengunyah, kebutuhan protein dapat dipenuhi lewat susu khusus yang diperkaya protein tambahan.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Agar Imunitas Kuat, Jangan Kekurangan Protein”, Editor : Lusia Kus Anna; https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/09/123200820/agar-imunitas-kuat-jangan-kekurangan-protein)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close