Iptek dan Lingk. Hidup

Google Meet Premium Bisa Dicoba Secara Gratis Di Indonesia

(tekno.kompas.com)- Pengguna Gmail di Indonesia kini bisa membuat ruang video conference pakai platform Google Meet gratis. Sebelumnya, fitur premium di Meet ini hanya bisa dimanfaatkan oleh pengguna G Suite, yang notabene harus membayar biaya berlangganan.

 

Jauh sebelum digelontorkan, pengguna gratisan bisa menikmati layanan Meet, hanya mereka harus diundang oleh pelanggan G Suite yang membuat ruangan virtual. Pantauan KompasTekno,  (18/5/20), sebagian besar pengguna asal Indonesia mengaku fitur premium G Suite ini sudah muncul di tampilan antarmuka akun Gmail mereka.

 

Fitur itu terletak di sebelah kiri bawah tampilan sidebar pada antarmuka Gmail, dengan menu “Meet” yang ditemani dengan label “New” alias baru.

Bagi yang belum menemukan menu baru itu, ada baiknya me-restart peramban (browser), atau komputer Anda lebih dulu. Jika belum, maka tak ada salahnya menunggu. Meet  memungkinkan penggunanya membuat ruangan virtual untuk bertatap muka dengan kurang lebih 100 orang secara bersamaan. Durasi waktu meeting yang dibolehkan tidak terbatas alias unlimited.

 

Namun, setelah 30/9/20, Google bakal membatasi durasi percakapan di tiap ruang virtual, dari unlimited ke 60 menit, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Senin (18/5/2020). Kendati begitu, pengguna bisa memanfaatkannya cuma-cuma, alias tanpa harus berlangganan G Suite.

 

Bagi pengguna berbayar, mereka masih mendapatkan benefit unlimited. Lantas, bagaimana cara menggunakan Google Meet untuk meeting secara online dengan kerabat?

 

Cara melakukan rapat online lewat Meet

Pengguna bisa menikmati fitur premium Google Meet ini lewat desktop atau smartphone. Bagi pengguna desktop, Anda bisa mengunjungi halaman Gmail lewat browser favorit Anda. Gerakkan kursor mouse ke bagian kiri bawah sidebar dan klik menu “Start a meeting” yang berada di bawah tulisan “Meet”.

 

Beberapa saat setelah di-klik, Anda akan disodori dengan halaman pembuatan ruangan virtual. Di sini, aktifkan akses mikrofon atau kamera dan klik tombol “Join now”. Setelah itu, Anda akan diantar ke halaman utama ruangan virtual yang telah dibuat dan lantas bisa membagikan tautan ruangan itu ke kerabat atau menambahkan partisipan berdasarkan alamat e-mail mereka.

 

Nah, bagi pengguna smartphone, Anda perlu mengunduh aplikasi Google Meet lebih dulu di tautan berikut (Android) atau di tautan berikut (iOS). Lalu, buka aplikasi Google Meet yang telah dipasang dan masuk menggunakan akun Gmail masing-masing.

Bila sudah masuk, klik tombol “New meeting” yang ada di bagian bawah tampilan utama aplikasi. Serupa dengan Meet versi desktop, Anda bakal diantarkan ke halaman utama ruangan virtual. Di sini, Anda bisa menambahkan partisipan dengan cara membagikan tautan ruangan ini. Meski demikian, Meet versi smartphone tidak bisa menambahkan partisipan berdasarkan alamat e-mail bak versi desktop.

 

Selain lewat akun Gmail dan smartphone, pengguna juga bisa mengakses situs meet.google.com dan meng-klik tombol “Start a meeting” untuk membuat sebuah ruangan rapat secara online.

 

(Artikel ini telah tayang diKompas.com dengan judul “Google Meet Premium Bisa Dicoba secara Gratis di Indonesia, Begini Caranya”, Penulis : Bill Clinten; Editor : Reska K. Nistanto; https://tekno.kompas.com/read/2020/05/18/13410027/google-meet-premium-bisa-dicoba-secara-gratis-di-indonesia-begini-caranya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close