Kesehatan

Jangan Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Sahur

(republika.co.id)-JAKARTA; Saat Ramadhan, sikat gigi tetap tak perlu terlalu sering. Gosok gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yakni setelah sahur dan menjelang tidur malam.  Akan tetapi, jangan langsung Sikat Gigi setelah makan sahur. Beri jeda 15 menit setelah makan.

“Itu waktu sikat gigi terbaik, karena pH di rongga mulut kita sudah normal kembali,” ungkap dokter gigi yang juga influencer, drg Nurvitasari, dalam Muslimah Creative Stream Fest, yang diselenggrakan Scarf Media dengan dukungan Republika.

Nurvitasari mengingatkan agar umat Islam tak lupa sikat gigi di malam hari. Setelah tarawih, orang biasanya masih makan lagi. Sikat gigi sebaiknya satu jam setelah makan malam.

Mengapa penting sikat gigi pagi hari dan malam hari? Nurvitasari menjelaskan, jarak untuk makan lagi masih lama dan mulut tidak digunakan untuk makan.

 

Bila tidak digunakan untuk makan, mulut akan kering. Ketika mulut kering, maka bakteri senang berkembang biak dan menyebabkan munculnya zat asam yang membut gigi berlubang dan bau mulut.

“Bau mulut dan mulut tidak segar apalagi saat puasa mungkin salah satu penyebabnya plak sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik setelah sahur dan malam hari,” jelasnya.

 

(Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda; Bahan dari : https://republika.co.id/berita/qa5vf6414/jangan-langsung-sikat-gigi-usai-makan-sahur)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close