Kesehatan

Mengelola Stres Selama Pandemi Covid 19

(beritasatu.com)-JAKARTA; Derasnya info terus menerus tentang pandemi Covid 19 yang terjadi di hampir seluruh belahan dunia, dapat mengganggu emosional dan menyebabkan kelelahan fisik dan mental, serta dapat memicu stres.

 

Chief Health and Nutrition Officer Herbalife Nutrition, Gary Small, mengatakan kesehatan mental harus menjadi prioritas utama di saat merebaknya pandemi Covid 19 seperti saat ini.

 

“Mengelola stres dan tahu cara melakukan hal yang penting, karena pada kini stres kronis dapat mengancam dan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mempengaruhi kemampuan untuk melawan infeksi. Stres juga dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental,” ujar Gary Small dalam keterangan persnya, (22/4/20).

 

Menurut Gary, ada tips mengelola tingkat Stres selama isolasi bekerja di rumah. Meski, tiap orang akan mengalami tingkat stres secara berbeda, sehingga penting untuk diingat bahwa masing-masing orang perlu mengetahui tingkat stres masing-masing.

 

“Pertama, identifikasi gejala stres. Misalnya nyeri gigi, berat badan naik, sakit kepala, perubahan suasana hati, sakit punggung dan leher, dan kurang tidur malam (tidur adalah sinyal mengalami stress). Mengidentifikasi gejala ini akan membantu Anda tahu kapan saatnya mempraktikkan beberapa strategi untuk menurunkan stres Anda,” jelasnya.

 

Kedua, Small mengatakan, cari pemicunya. Jika bekerja dari rumah atau menonton berita dan cemas, jengkel, atau mengalami sakit kepala atau leher, maka segera berdiri dan berhenti sejenak. Jalan-jalan, mendengarkan musik, atau pergi ke tempat tenang untuk bersantai dapat membantu mengatur ulang kondisi mental dan kembali bekerja.

 

“Ketiga, menjadwal ulang kegiatan sehari-hari dan istirahat cukup dari kerja, nonton atau baca berita, dan bermedsos. Terhubung 24 jam sehari menyebabkan ketegangan mental dan kecemasan. Luangkan waktu bersantai dari kegiatan yang membosankan tiap hari, dengan mengobrol atau bersosialisasi bersama sahabat atau orang terdekat dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda,” papar Small.

 

Small mengatakan, menghabiskan waktu cari kegiatan yang baru atau melakukan hobi. Mengubah fokus pada kegiatan yang baru dapat membantu rileks dan merasa bersemangat seperti mempertimbangkan mencoba resep baru, berjalan, membersihkan rumah, atau berpartisipasi dalam pelatihan online untuk mengurangi stres dan membantu merasa lebih segar.

 

Kelima, pernapasan alami melibatkan diafragma atau berlatih pernapasan relaksasi selama 20 hingga 30 menit setiap hari untuk mengurangi tingkat kecemasan dan meningkatkan kondisi ketenangan.

 

Keenam, tetap aktif dan temukan kegiatan hiburan yang disukai. Berolahraga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan serta merupakan cara yang bagus untuk memerangi stres.

 

“Penting diingat stres itu hal umum yang berakibat menurunkan produktivitas, dan mengancam kesehatan fisik dan mental. Penanggulangan stres dan mengembangkan teknik yang baik akan membantu mengelola tubuh Anda dan lebih kuat pada akhirnya” tutup Small.

 

(Indah Handayani; FER; BeritaSatu.com  dan Bahan dari : https://www.beritasatu.com/tips/624101/tips-mengelola-stres-selama-pandemi-covid19)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close