Iptek dan Lingk. Hidup

New Normal FB Akan Permanenkan Separuh Karyawannya Kerja Dari Rumah

(teknologi.bisnis.com)- JAKARTA; Perusahaan sosmed terbesar FB akan menerapkan aturan kerja dari rumah bagi separuh dari jumlah karyawannya secara permanen. Wacana kebijakan ini sebelumnya sempat dilontarkan Twitter beberapa waktu lalu.

 

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan wabah Covid-19 mendorong perusahaannya untuk menggiatkan work from  home (WFH).

 

Zuckerberg mengatakan 50% dari karyawan FB kemungkinan akan menerapkan kerja dari rumah hingga 5 bahkan 10 tahun ke depan.

 

Sebelumnya, wacana Twitter merumahkan karyawan yang masuk kriteria boleh bekerja dari rumah permanen dilansir Buzzfeed News. Laporan itu mengutip karyawan Twitter yang dapat email dari CEO mereka, Jack Dorsey. Namun ada pekerjaan yang perlu dilakukan di kantor seperti memelihara ekosistem server Twitter.

 

Selain itu, Dorsey menuliskan bahwa kantor Twitter tidak akan dibuka sampai September 2020 dan Twitter membatalkan seluruh jadwal perjalanan bisnis mereka.

 

Zuckerberg, sebagaimana dilansir CNN, (22/5/2020) berharap dapat meningkatkan perekrutan karyawan melalui jarak jauh dari waktu ke waktu. Ia mulai memfokuskan pada perekrutan untuk posisi teknik.

 

Awalnya, perekrutan entry-level sebagian besar tak sesuai syarat perekrutan jarak jauh. Secara geografis, FB akan mulai dengan area yang dekat dengan kantornya yang sudah ada seperti Portland, San Diego, Philadelphia dan Pittsburgh.

 

Prioritas kedua adalah menciptakan hub karyawan baru di area-area di tempat yang belum banyak kantor FB saat ini, seperti Atlanta, Dallas, dan Denver.

 

Zuckerberg memperkirakan sekitar 25% dari karyawan FB yang akan kembali ngantor saat perusahaan kembali dibuka. Mereka yang memilih untuk terus bekerja dari jarak jauh akan diminta untuk melaporkan lokasi mereka ke perusahaan. Persyaratan itu akan mulai berlaku pada 1 Januari 2021.

 

“Tenggang waktu itu untuk memberi kesempatan pada karyawan kembali ke tempat tinggal yang diinginkan. Gaji karyawan nantinya disesuaikan lokasi itu,” kata Zuckerberg. Bukan tidak mustahil yang akan diterapkan FB bakal jadi salah satu model kerja di era New Normal pascapandemi Covid-19.

 

(John Andhi Oktaveri;  Bahan dari : https://teknologi.bisnis.com/read/20200522/101/1243735/new-normal-facebook-akan-permanenkan-separuh-karyawannya-bekerja-dari-rumah#)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close