Psikologi

Tradisi Unik Idul Fitri Di 5 Negara

(lifestyle.okezone.com)-HARI Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat muslim di dunia setelah menjalankan ibadah se bulan. Dalam merayakannya beberapa negara punya tradisi unik yang berbeda.

 

Ada beberapa negara memiliki budaya unik saat rayakan Lebaran. Bahkan, ada negara yang menghitung hari Lebaran berdasarkan kalender Jawa lho dan ini menarik untuk diulas. Penasaran Negara mana saja yang memiliki tradisi unik saat lebaran? Yuk, intip rangkuman Okezone berikut ini.

 

Australia

Negara yang dekat dengan Indonesia ini memiliki budaya toleransi tinggi untuk penduduk muslim lho. Perusahaan di sana biasanya memberi kebebasan bagi karyawan untuk tidak bekerja selama lebaran. Dan, pemerintah juga menyediakan tempat bagi umat muslim untuk beribadah di jalanan.

 

Arab Saudi

Negara Arab punya tradisi unik, tiap Lebaran di Riyadh akan hadir kesenian, musik, baca puisi hingga tarian. Masyarakat berkumpul, dan bergembira ria hari itu, mereka menikmati pertunjukan yang dihadirkan. Selain itu, ada bazaar kuliner yang siap diserbu seusai pulang Salat Idul Fitri.

 

China

Meski rata-rata masyarakat di China beragama Tionghoa, namun tak membuat umat muslim berhenti melakukan tradisi lebaran. Seusai Salat Idul Fitri biasanya umat muslim berziarah ke kuburan pejuang muslim yang gugur saat Dinasti Qing. Dan selamat lebaran, para pria menggunakan jas khas mereka.

 

Suriname

Mungkin nama negara ini asing di telinga Anda, namun rata-rata penduduk di sana keturunan Jawa. Sebab, dari sejarahnya dulu saat Belanda menjajah Indonesia mereka boyong buruh dari Jawa untuk membangun pemerintahannya di sana.

 

Jadilah, banyak keturunan orang Jawa bisa ditemukan ketika berada di sana. Umat muslim di sana pun menghitung hari Lebaran sesuai dengan Kalendar Jawa.

 

India

Umat muslim di India saat Lebaran berkumpul di masjid Jama yang berlokasi di old Delhi. Sebab, masjid ini bernilai sejarah tinggi yang berdiri dari ratusan tahun. Umat muslim beribadah salat Idul Fitri setiap tahunnya di sini.

 

(fid; Tentry Yudvi; Bahan  dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2017/06/20/406/1721177/tradisi-tradisi-unik-idul-fitri-di-5-negara)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close