Iptek dan Lingk. Hidup

Wanita Yang Berjasa Di Dunia Teknologi(1/2)

(techno.okezone.com)-JAKARTA; Tanggal 21/4 diperingati sebagai Hari Kartini. Hari Kartini mengenang RA Kartini yang dikenal cerdas, independen, dan memiliki pendirian kuat.

 

Sosok Kartini mungkin memberi inspirasi bagi perempuan untuk dapat berkarya dan berperan di dalam perkembangan zaman. Tahukah Anda, beberapa tokoh perempuan berjasa terhadap dunia teknologi. Dikutip dari Techradar, berikut ini nama-nama tokoh perempuan yang merupakan inovator teknologi.

 

1-Sheryl Sandberg

Bagi kebanyakan orang, Facebook identik dengan penciptanya, Mark Zuckerberg. Anda mungkin tak tahu chief operating officer Sheryl Sandberg. Ia lahir pada 1969 di Washington D.C. Pada 1991 ia lulus dari Harvard College bergelar sarjana dalam bidang ekonomi, dan lanjut ke Harvard Business School, di mana ia memperoleh gelar MBA.

 

Setelah bekerja untuk Menteri Keuangan Amerika Serikat Larry Summers, Sandberg bergabung dengan startup Google yang muncul kemudian sebagai manajer umum unit bisnis pertamanya.

 

Pada 2008 Sandberg bergabung dengan FB sebagai Chief Operating Officer, menjadi wanita pertama di perusahaan teknologi media sosial. Dia bekerja mengawasi semua operasi bisnis Facebook, termasuk penjualan, pemasaran, sumber daya manusia, pengembangan bisnis, kebijakan publik, dan komunikasi.

2-Grace Hopper

Grace Hopper adalah seorang ilmuwan komputer dan laksamana di Angkatan Laut AS yang lahir pada 1906 di New York.

 

Ia lulus dari Yale dengan gelar Sarjana, Magister, dan PHD di Matematika sebelum menjadi profesor di Vassar College. Selama awal Perang Dunia II, Hopper berusaha untuk mendaftar di AL tapi tidak berhasil karena usianya (pada usia 34 dia dianggap tua), dan karena pekerjaannya di Vassar dianggap terlalu penting untuk upaya perang.

 

Dia ditugaskan ke Biro Proyek Penghitungan Kapal di Universitas Harvard sebagai Letnan, di mana dia bekerja di komputer elektromekanis Mark I.

 

Sementara di sana, Hopper mempopulerkan ide bahasa pemrograman mesin-independen, dan menciptakan kompiler, yang mengubah kode yang ditulis dalam satu bahasa pemrograman ke bahasa pemrograman lain.

 

Ini menyebabkan penemuan COBOL, bahasa pemrograman tingkat tinggi awal yang berbasis bahasa Inggris yang digunakan sampai hari ini di Windows, OpenVMS, dan Unix.

 

(ahl; Ahmad Luthfi; Bahan dari : https://techno.okezone.com/read/2020/04/21/207/2202522/daftar-wanita-yang-berjasa-dalam-dunia-teknologi)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close