Wisata dan Kuliner

Wisata Ibu Kota Baru Andalkan Pantai Taman Dan Air Terjun

(jawapos.com)- Kabupaten Penajam Paser Utara punya lokasi lokasi wisata potensial untuk menyangga kawasan ibu kota negara (IKN) baru. Mulai pantai, taman kota, hingga air terjun di kawasan hutan. Bahkan, wisata air terjun nanti di dekat dengan pusat pemerintahan IKN.

 

JAWA Pos mengunjungi dua lokasi wisata di PPU. Karena jarak dan luas wilayah, hampir mustahil mengunjungi semua tempat wisata di PPU dalam satu waktu. Beda dengan Tenggarong di Kutai Kartanegara yang memiliki lokasi lokasi wisata dengan jarak berdekatan sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Sebagai wilayah pesisir, PPU mengandalkan wisata pantai. Salah satunya, Pantai Nipah-Nipah. Pantai yang tidak jauh dari bagian terluar Teluk Balikpapan dan menghadap ke timur. Untuk mencapai pantai inii, pengunjung bisa melewati jalan pesisir yang ujungnya berada di dekat kantor Polres PPU.

 

Rata-rata warga PPU ke pantai ini berkendaraan pribadi. Hingga kini, belum ada kendaraan umum yang mengakses pantai itu. Jawa Pos menggunakan jasa ojek online (ojol) lokal, Jamride, ke Pantai Nipah-Nipah. Saat berangkat, ojol mudah didapat. Ketika kembali, koran ini kesulitan mencari kendaraan. Beruntung, ada warga sekitar yang bersedia mengantar hingga ke tepi jalan utama.

Pantai Nipah-Nipah biasanya ramai di akhir pekan. Maka, saat koran ini mengunjunginya pada hari kerja, pengunjungnya sedikit. Pantai ini dibentengi tembok laut (seawall) untuk menahan banjir rob. Siang itu, angin Selat Makassar bertiup cukup kencang. Ombak menghantam bibir pantai.

 

Pantai berpasir putih itu diberi sejumlah hiasan berupa titik foto yang Instagrammable. Mulai anjungan hingga lambang hati. Saat senja, langit pantai terlihat cantik dengan gradasi warna yang dihasilkan mentari yang tenggelam di pedalaman.

 

Sekdakab PPU Tohar menjelaskan, lokasi wisata di wilayahnya bukan hanya Pantai Nipah-Nipah. ”Ada Pantai Tanjung Jumlai di Petung, lalu kalau ke (Kecamatan) Waru itu ada penangkaran rusa,” terangnya. Belum lagi air terjun Tembinus di Kecamatan Sepaku di sisi barat calon pusat pemerintahan IKN.

 

PPU, merupakan gerbang menuju Kaltim dari selatan selain Kabupaten Paser. Pengunjung dari Kalsel memiliki pilihan tempat istirahat ketika melakukan perjalanan darat ke Kaltim. Sebab, tempat wisata itu berada tidak jauh dari jalan utama. Kecuali air terjun Tembinus yang berada di pedalaman.

 

Lokasi wisata lain, Taman Bunga Rozeline. Berada di pusat pemerintahan PPU di Kecamatan Penajam, taman ini luasnyaa sekitar 1 ha lebih. Ciri khas taman itu adalah adanya danau buatan di tengah taman. Di atasnya ada jembatan kayu yang melintang.

 

Di tepian danau ada gazebo, yang biasanya dimanfaatkan keluarga untuk piknik. Mereka membawa bekal dari rumah dan menyantapnya di gazebo sambil memandangi danau dan teduhnya taman. Taman Bunga Rozeline menjadi obat di tengah panasnya cuaca di PPU, khususnya saat siang.

 

Kelak, yang tinggal di IKN tidak perlu bingung memilih lokasi wisata. Kukar dan PPU, dua kabupaten itu memiliki potensi wisata yang menarik. Seiring pembangunan IKN, potensi wisata juga akan berkembang. Demi mendatangkan lebih banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

 

(Reporter : */c7/dos; Bayu Putra; Editor : Ilham Safutra;  Bahan dari : https://www.jawapos.com/ibu-kota-baru/03/05/2020/wisata-ibu-kota-baru-andalkan-pantai-taman-dan-air-terjun/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close