Islam

4 Masjid Megah Di Filipina Selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan

(muslim.okezone.com)-MASJID MEGAH memiliki bangunan luas dan indah. Karena hal itu banyak wisatawan yang tertarik dengan arsitekturnya unik untuk beribadah atau sekadar berkunjung dan menjelajah hingga mengetahui sejarah di balik berdirinya masjid.

 

Tak cuma di Indonesia, di negara minoritas Muslim seperti Filipina ada masjid megah yang dijadikan sebagai pusat wisata religi. BerikutĀ  selengkapnya:

 

1-Masjid Al Dahab Manila

Masjid Al-Dahab yang terkenal dengan The Golden Mosque ini pusat keagamaan umat Islam di Manila. Dibangun (1976) dan dinamakan demikian karena warna kubahnya warna emas. Masjid ini di Manila sekaligus masjid terbesar yang ada di kota itu.

 

Masjid Megah ini dibuka untuk umum, banyak wisatawan mancanegara mengunjungi masjid berkubah emas ini. Wisatawan non muslim diperbolehkan masuk hingga ke masjid selama para wisatawan menaati aturan yang berlaku di masjid itu.

 

2-Masjid Dimaukom

Masjid ini berada di Kota Datu Saudi Ampatuan, Provinsi Maguindanao, Filipina Selatan. Masjid ini memilki tampilan pink yang jadi daya tarik wisatawan. Dimaukom diambil dari nama walikota yang menginstruksikan pembangunan masjid, yaitu Samsodin Dimaukom. Masjid ini dibangun (2011) dan dibuka untuk umum tahun 2013.

 

Masjid dicat warna pink untuk melambangkan perdamaian dan cinta dan dibangun pekerja Kristen untuk melambangkan persatuan dan persaudaraan antar agama. Selain pink dimaknai sebagai lambang persatuan dan persaudaraan antar agama, warna pink ini menjadi warna favorit wali kota.

 

3-Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah

Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah, dikenal sebagai Masjid Agung di Kota Cotabato dan merupakan masjid terbesar di Filipina. Masjid ini di Barangay Kalanganan II di Kota Cotabato. Masjid terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal Indonesia. Masjid besar ini menampung 1200 jamaah mencangkup 800 jamaah pria dan 400 jamaah wanita.

 

Kubah emas dari masjid Sultan Hassanal Bolkiah ini jadi daya tarik bagi wisatawan yang mengunjungi kota Cotabato. Tak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah Muslim namun tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata religi untuk Muslim dan non Muslim .

 

4-Masjid Taluk Sangay

Masjid Taluksangay di Barangay Taluksangay di Zamboanga dibangun oleh Hadji Abdullah Maas Nuno (1885) merupakan masjid tertua di Mindanao Barat. Masjid ini pusat penyebaran Islam di daerah itu. Pada tahun 2008, masjid diperluas dan sekarang dapat menampung kurang lebih 3.000 jamaah.

 

(dno; Fadhilah Annisa;Ā  BahanĀ  dari : https://muslim.okezone.com/read/2019/10/30/615/2123669/4-masjid-megah-di-filipina-yang-selalu-ramai-dikunjungi-wisatawan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close