Iptek dan Lingk. Hidup

Google Gunakan Teknologi Untuk Bantu Jaga Lingkungan

(medcom.id)- Jakarta: Turut memeriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Google menyampaikan teknologi dapat dimanfaatkan membantu melindungi keanekaragaman hayati di dunia, terutama dari ancaman kepunahan.

Salah satunya untuk melindungi spesies laut dengan memanfaatkan teknologi komputasi awan, seperti yang dilakukan Google sejak 2016. Pada tahun itu, bersama Oceana dan SkyTruth, Google meluncurkan Global Fishing Watch.

Platform ini meningkatkan kesadaran pada industri perikanan serta mendorong kebijakan ramah lingkungan melalui transparansi. Global Fishing Watch mengombinasikan teknologi komputasi awan dengan data satelit, dan menyediakan pandangan global terkait aktivitas penangkapan ikan komersial.

 

Selain itu, teknologi juga dapat dimanfaatkan melindungi hutan tropis yang mengalami deforestasi, menyebabkan 17% emisi karbon global. Teknologi TensorFlow digunakan  Rainforest Connection untuk mencegah pembalakan liar di hujan hujan tropis di seluruh dunia.

Rainforest Connection menempatkan platform machine learning open-source karya Google itu versi lama di atas pohon guna merekam suara di hutan sehingga dapat melatih sistem machine learning guna mengenali suara gergaji mesin dari berbagai suara di hutan.

Selain itu, deforestasi penyebab 17 persen emisi karbon global turut mendorong peningkatan pengawasan guna mengurangi risiko deforestasi tersebut. Pada tahun 2013, Google bekerja sama dengan peneliti di University of Maryland meluncurkan Global Forest Watch.

Sebagai informasi, Global Forest Watch merupakan peta yang mengautentikasikan luas hutan secara global serta perubahannya, mulai dengan data dari tahun 2000. Teknologi Google lain untuk membantu mengurangi emisi karbon yaitu Environmental Insights Explorer.

Teknologi ini alat online yang dibuat melalui kolaborasi dengan Global Covenant of Mayors for Climate & Energy (GCoM). Hingga kini, alat online itu telah tersedia di 120 kota di dunia, dan dirancang untuk memudahkan pemerintah dalam mengakses dan menindaklanjuti himpunan data baru terkait iklim.

Dan untuk memvisualisasikan perubahan iklim, dari penggambaran data aktual dan prediksi peningkatan tinggi permukaan laut, hingga data interaktif guna menampilkan dampak kenaikan suhu, Google bekerja sama dengan UNFCCC dalam inisiatif bertajuk Heartbeat of the Earth, ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

Dengan berbagai teknologi yang dikembangkan dan dihadirkannya, Google berharap dalam turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam di seluruh dunia.

(MMI; Luthfi Anggraeni; Bahan dari : https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/GbmYnleb-google-gunakan-teknologi-untuk-bantu-jaga-lingkungan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close