Aku cinta Indonesia

Kominfo Optimis Data Center Nasional Dibangun Tahun 2020

(inet.detik.com)-JAKARTA; Kementerian Kominfo terus merampungkan persiapan pembangunan Data  Center Nasional. Pihak Kominfo optimis proses pembangunannya dimulai tahun-2020.

 

Dirjeen Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan MenkominfoJohny G Plate sudah mengirimkan surat ke Menkeu Sri Mulyani dan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa untuk percepatan. Pihaknya optimis proyek ini bisa diselesaikan tahun ini.

 

“Mudah-mudahan tahun ini bisa kita selesaikan, dan mulai pembangunannya,” ujar pria yang kerap disapa Semmy itu saat acara Lebaran Virtual Kominfo, Minggu (24/5/2020).

 

Untuk diketahui pemerintah akan membangun Data Center Nasional di Jakarta dan ibu kota baru. Pembangunan ini dilakukan lantaran jumlah data pemerintah tersebar di banyak data center.

 

Diungkap Menkominfo saat ini ada ada 2.700 pusat data dan ruang server pemerintah. Menurut dia, sebagian besar pusat data itu tidak memenuhi standar.

 

Pengintegrasikan data pemerintah tak mudah mengingat pada 2018 kapasitasnya 36 petabyte. Dalam 6 tahun, meningkat jadi 82p. Kembali ke Lebaran Virtual Kominfo, di kesempatan itu, Semmy membeberkan perannya membantu Gugus Tugas COVID-19 mengintegrasikan sistem yang dimiliki. Disinggung rencana Ditjen Aptika menyiapkan masyarakat Indonesia untuk percepatan masuk ke ruang digital.

 

Menurutnya ruang digital bukan lagi ruang yang tanpa aturan. Ruang digital harusnya sudah dianggap sebagai realitas. Makanya pihaknya ingin melakukan sosialisasi dengan masyarakat bagaimana berdamai juga dengan gadget-gadget yang mereka miliki.

 

“Bagaimana bisa memanfaatkan gadget ini untuk hal-hal produktif, ini yang kita lakukan untuk memasuki normal baru. Di Aptika, akan membekali pekerja kami dengan gadget mobility, jadi bisa bekerja dari mana saja, dan diharapkan jadi percontohan memasuki new normal, khususnya di pemerintahan,” pungkasnya.

 

(afr;fyk; Adi Fida Rahman;  Bahan dari : https://inet.detik.com/cyberlife/d-5027326/kominfo-optimis-data-center-nasional-dibangun-tahun-ini?tag_from=wpm_nhl_3)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close