Islam

Shaum Ibarat Etape Perjalanan Manusia

Bismillahirrahmanirrahim..

1-Shaum ramadhan adalah Etape awal, Shaum Ramadhan itu etape terpanjang yg dpt dilalui dan banyak peserta yg dpt sampai ke garis finish, kecuali yg berhalangan, bagi yg menjalani etape ini mudah2an menjadi org yg bertaqwa yg ganjarannya Surga yg luasnya seluas langit dan bumi..

 

2-Shaum syawal adalah Etape berikutnya*, etape ini tdk terlalu panjang, namun tdk semua dpt sampai finish krn banyak rintangan dan hambatan diantaranya msh suasana silaturahmi/halal bi halal dan msh ada sisa kue lebaran, brkl ada barongko dll, hal ini yg kadang menjadi hambatan sampai ke finish.

 

Bagi yg melaksanakan shaum ramdhan satu bln penuh ditambah shaum syawal enam hari ganjarannya sama dengan  shaum setahun penuh.

 

3-Shaum ayyamul bidh atau shaum tengah bulan 13,14,15 adalah Etape berikutnya, etape ini tdk terlalu panjang tp tdk banyak yg dpt sampai finish, bahkan ada yg belum pernah melaksanakan. padahal sesuai sabda rasul barang siapa yg melaksanakan shaum tiga hari setiap bulannya, maka dia seperti shaum sepanjang tahun..

 

4-Shaum Senin Kamis adalah Etape berikutnya, etape ini juga tdk terlalu panjang, namun karena banyak godaan tdk banyak yg dpt secara rutin melaksanakannya..salah satu manfaat shaum Senin Kamis adalah berguna utk kesehatan.

 

Apalagi saat ini virus COVID 19 ada dimana mana, salah satu penangkalnya adalah shaum Senin Kamis. Masih ada shaum lainnya seperti shaum nabi Daud yg bermanfaat bagi penderita diabetes melitus dll.

 

Berbahagialah bagi yang telah finish shaum syawalnya, dan bagi yang belum masih ada kesempatan. Semoga kita selaku umat islam hamba Allah SWT, dpt melaksanakan shaum/etape etape tersebut… Aamiin yaarabbal alaamiin

(Kiriman : Abuhari Suki  Bahan  dari :  Grup WA PP P2Tel)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close