Selingan

Google Dan Whatsapp Pertemukan Nenek Dan Cucu YangTerpisah 43 Tahun

(merdeka.com)- Google bersama WhatsApp membantu bertemunya nenek (90), dengan keluarganya yang terpisah 43 tahun. Ceritanya, nenek Panchubai tinggal sebagai Achchhan bersama keluarga Khan selama lebih dari 4 dekade, hingga ia bertemu kembali dengan cucunya.

 

Israr Khan (keluarga Khan yang tinggal Achchhan) baru tahu, nenek Achchhan asal dari Maharashtra. Selanjutnya, berkat Google dan WhatsApp, Israr Khan membantu nenek Achchhan bertemu dengan cucunya, yakni Prithvi Kumar Shinde.

 

Jarak antara desa Kota Tala tempat tinggal Israr Khan dengan asal nenek Achchhan sangat jauh, yakni mencapai 500km. Rupanya 43 tahun lalu, ayah Israr menolong nenek Achchhan yang tersengat lebah.

 

“Saat perjalanan pulang, ayah saya melihat nenek Achchhan kesakitan 43 tahun lalu. Ia memberi obat untuk mengobati luka sengatan lebah,” kata Israr Khan, dikutip Hindustan Times via Tekno Liputan6.com.

 

Beberapa hari kemudian, ayah Israr melihat nenek Achchhan lagi, mencoba menanyakan rumahnya, namun si nenek yang dulu berusia 40 tahunan tak menjawab apa-apa. Ayah Israr membawa Achchhan pulang.  “Sejak itu, Achchhan jadi bibi kami dan namanya juga berubah,” katanya.

 

Dibantu Google dan WhatsApp

Selama 43 tahun terakhir, keluarga Khan mencoba mencari tahu kota asal nenek Achchhan. Bertanya pada nenek pun tak mendapat jawaban karena ia pakai bahasa Marathi yang tidak bisa dipahami. Saat India di-lockdown, keluaga Khan merekam nenek Achchhan yang menyebutkan Khanjam Nagar.

 

“Belakangan saya temukan desa Khanjam Nagar di distrik Amravati. Melalui bantuan Google, saya bisa mendapat nomor telepon orang di Khanjam Nagar. Saya bicara dengannya dan memintanya menyebarkan foto nenek Achchhan ke warga kampugnya via WA” tutur Israr Khan.

 

Belakangan, ada keluarga yang mengaku kenal nenek Achchhan yang aslinya bernama Panchubai. Rupanya orang yang mengenali adalah cucunya, Prithvi Kumar Shinde. Shinde menghubungi Israr Khan dan bercerita Achchhan alias Panchubai kehilangan suami dan anaknya pada 2005.

 

“Kakek dan ayah saya (anak dari nenek Achchhan) kehilangan harapan menemukan nenek. Kakek juga  melaporkan orang hilang di Polisi,” kata Shinde bercerita. Berkat Google dan WhatsApp, nenek dan cucu yang sudah terpisah 43 tahun akhirnya bisa bertemu kembali.

 

“Saya senang bisa membawa nenek pulang meski kakek dan ayah saya sudah meninggal tanpa melihatnya,” tutur Shinde. Ia pun berterima kasih kepada keluarga Khan karena sudah merawat nenek Achchhan selama 43 tahun.

 

(Reporter: Agustin Setyo Wardani; Indra Candra;  Bahan dari : Liputan6.com danhttps://www.merdeka.com/teknologi/google-dan-whatsapp-pertemukan-nenek-dan-cucu-yang-terpisah-43-tahun.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close