Kesehatan

Tak Ada Rokok Yang Lebih Sehat Selain Berhenti

(lifestyle.kompas.com)-  Produk Rokok Elektronik (Vape) diklaim lebih sehat dari rokok tembakau. Padahal, tak ada pengganti yang lebih sehat selain berhenti merokok. Vape tak menyelesaikan masalah karena juga mengandung nikotin dan karsinogen sehingga sama bahayanya dengan rokok konvensional.

 

Kandungan nikotin berdampak ketagihan dan dampak jangka panjang berkaitan penyakit kardiovaskular. Selain itu, di dalam nikotin ada nitrosamin, yakni senyawa karsinogen yang dapat memicu kanker. Dalam penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Jerman disebutkan, mengisap rokok konvensional dan vape nikotin sama-sama memperburuk kesehatan jantung dan paru.

 

“Tak perlu diragukan berhenti merokok itu paling efektif mencegah penyakit pernapasan dan penyakit kardiovaskular yang dipicu rokok,” kata Thomas Munzel, dokter jantung dan ketua penelitian. Di masa pandemi ini produk tembakau dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular terkait Covid-19 dan komplikasi berat lainnya pada perokok dan pengguna vape.

 

Munzel meninjau data dari berbagai penelitian. Mereka menemukan dibanding yang tidak, merokok konvensional atau elektronik meningkatkan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). PPOK merujuk pada berbagai penyakit kombinasi antara bronkitis dan emfisema yang merusak saluran pernapasan sehingga dinding pernapasan menyempit dan bengkak.

 

Dalam banyak kasus, penyakit ini tak bisa disembuhkan. WHO mengeluarkan peringatan bahwa merokok tembakau dan merokok pipa bisa memperburuk gejala akibat infeksi Covid-19, termasuk butuh ventilator dan dirawat di ICU.

 

“Walau rokok elektronik terlihat kurang berbahaya dibanding rokok tembakau, tapi ada bukti yang menyebutkan efek sampingnya pada jantung, paru, dan pembuluh darah. Rokok jenis ini meningkatkan risiko infeksi Covid-19,” tulis peneliti dalam laporannya di European Heart Journal.

(Artikel ini telah tayang diKompas.com dengan judul “Tak Ada Alternatif Rokok yang Lebih Sehat Selain Berhenti”, Editor : Lusia Kus Anna; Bahan dari :  https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/28/114400920/tak-ada-alternatif-rokok-yang-lebih-sehat-selain-berhenti)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close