TELKOMGrup dan SEKAR

Telkom Adopsi Layanan Cloud Milik Vonage

(indotelko.com)- JAKARTA; Penyedia telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia, Telkom bekerja sama dengan Vonage melakukan transformasi digital khususnya meningkatkan komunikasi dengan pelanggan.

 

Vonage Messages API telah diintegrasikan ke dalam lima divisi bisnis di Telkom Indonesia – IndiHome, layanan ritel broadband, wifi.id, layanan Wi-Fi dan hotspot, Telkom DBS, solusi bisnis digital, Telkom DWS, divisi wholesale services dan Telkom OCA, layanan komunikasi lewat berbagai saluran.

 

Vonage mendukung pemberitahuan pelanggan Telkom via komunikasi multikanal, contohnya  pemberitahuan tagihan dan pengingat tagihan. Vonage Message API memungkinkan Telkom  berinteraksi dengan jutaan pelanggan lebih efektif melalui sarana yang populer bagi pelanggan di Indonesia – WhatsApp dan SMS.

 

Vonage menyediakan cara sederhana berintegrasi dengan solusi WA Business di mana chatbot Telkom  merespons pelanggan dengan informasi yang sering ditanyakan seperti permintaan penagihan, detail produk, dan informasi perusahaan.

 

Dengan populasi lebih dari 272 juta, Indonesia menawarkan 338 juta koneksi seluler, 171 juta pengguna internet seluler dan lebih dari 160 juta pengguna medsos aktif. Di antara mobile application lainnya, WA berperingkat paling atas; disusul oleh FB, Instagram, dan Twitter.

 

Ini juga  platform media sosial kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia setelah YouTube. Sehingga bagi perusahaan di Indonesia, WA itu saluran yang ideal untuk menjangkau pelanggan mereka.

 

“Industri telekomunikasi di Indonesia sangat kompetitif. Untuk mempertahankan keunggulan, kami  memastikan pertanyaan dan keluhan dari pelanggan dapat ditangani cepat dan efektif. Penting kalau kami bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui aplikasi yang sudah mereka gunakan,” kata Kepala OCA Telkom Rizki Primasakti.

 

Diharapkannya, dengan Vonage Message API terpasang di dalam sistem perseroan, Telkom dapat mengatasi kendala,  contoh notifikasi yang tidak terkirim. “Menggunakan WA, kami dapat memvalidasi bahwa pelanggan telah menerima dan membaca pesan penting seperti pengingat tagihan, sehingga tunggakan pembayaran bisa dikurangi,” katanya.

 

SVP dan GM di Vonage untuk wilayah Asia Pasifik Sunny Rao menyatakan  penting bahwa sebuah brand dapat menawarkan cara yang cepat dan efisien untuk menjangkau pelanggan mereka dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

 

“Vonage Messages API dengan mudah diintegrasikan dengan SMS, MMS, dan aplikasi medsos yang populer, sehingga memungkinkan pelaku bisnis berkomunikasi dengan pelanggan lewat saluran yang dipilih. Vonage Messages API memungkinkan integrasi langsung ke berbagai saluran tanpa perlu dilakukan secara terpisah,” tambahnya.

 

Vonage API menawarkan solusi komunikasi lewat pesan, suara dan video. Solusi ini memungkinkan integrasi berbagai saluran komunikasi ke dalam aplikasi dan perangkat yang sudah ada, tanpa perlu programming yang rumit.

 

Kini Vonage API Platform digunakan oleh lebih dari satu juta developer di dunia. Lewat platform ini para developer dapat mengembangkan rangkaian lengkap layanan suara, video, pesan, dan email. Melalui mitranya, platform Vonage digunakan di dalam proyek transformasi terkemuka di Asia Pasifik.

(ak; Bahan dari  : https://www.indotelko.com/read/1594184639/telkom-vonage)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close