TELKOMGrup dan SEKAR

Telkom Group Akan Membangun Hyperscale Data Center

(indotelko.com)- BEKASI;  Telkom bersiap membangun data center skala besar berstandar global dengan sertifikasi tier 3 dan 4, Telkom HyperScale Data Center (HDC). Dengan kategori tier itu, maka HDC punya spesifikasi, fasilitas, dan service level terbaik, 99,995% uptime dan fully redundant infrastructure.

 

Ini memantapkan langkah Telkom jadi digital telco dengan memperkuat fondasi bisnis digital di masa depan, khususnya domain digital platform. Dirut Telkom Ririek didampingi Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko meletakkan batu pertama (groundbreaking) berlokasi di area Bekasi.

 

Dengan semangat sinergi entitas TelkomGroup, data center ini jadi salah satu data center berkapasitas terbesar di Indonesia, dengan konsep ECO (Evolve, Connected, & Origin) – green data center dan pakai anyaman sebagai material untuk desain gedung.

 

Ini semangat TelkomGroup terus bertumbuh melalui inovasi dan eksplorasi yang mengedepankan peningkatan efektivitas dan efisiensi demi menciptakan pengalaman digital terbaik pelanggan, namun tidak meninggalkan sentuhan ciri khas budaya Indonesia.

 

Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko menjelaskan, Telkom HDC memiliki banyak kelebihan, khususnya connectivity dan coverage terluas di Indonesia, terhubung access network milik TelkomGroup baik domestik dan mancanegara, world class facilities, carrier neutral, dan multi services network provider lain. Data center ini didesain bersertifikasi standar Internasional Uptime Tier IV.

 

“Dengan kelebihan itu, Telkom HyperScale Data Center ini untuk mega player, global player, dan korporasi dari berbagai sektor seperti finance & banking, government, private sector, manufacturing, content provider, global cloud provider,” ujar Herlan.

 

Sebelumnya Telkom memiliki 22 data center yang terdiri dari 5 data center internasional, 14 Neucentrix serta 3 data center tier 3 dan 4. Adanya  HDC ini, TelkomGroup mengukuhkan dan mempertahankan posisinya sebagai market leader bisnis data center.

 

Dengan dukungan data center di banyak lokasi dan terhubung jaringan broadband, maka Telkom siap dan mampu mengakomodasi kebutuhan mendatang, seperti edge computing, 5G services, blockchain dan kebutuhan masa depan lainnya.

 

Dirut Telkom Ririek Adriansyah mengungkapkan, Telkom HDC itu wujud komitmen Telkom jadi digital telecommunication company, melalui akselerasi pada bisnis digital platform, salah satunya, data center.

 

“HDC membuktikan keseriusan Telkom jadi biggest player di pasar digital platform. Dengan kemampuan  menyediakan fasilitas high density capacity, data center ini tidak hanya digunakan oleh korporasi dan pelaku industri di Indonesia tapi juga untuk pemain besar content player kelas dunia,” jelas Ririek.

 

Telkom HDC dibangun di lahan 65.000 m2 dan total kapasitasnya 10.000 rack serta total daya listrik 75 MW dengan pembangunan beberapa tahap. Tahap-1 dibangun 1 gedung data center, powerhouse, dan gedung kantor yang akan selesai pada Q2 2021.

 

Dengan konsep green data center, Telkom HDC berkomitmen menekan penggunaan emisi gas karbondioksida dengan merencanakan pembangunan pembangkit listrik tenaga gas serta penggunaan solar panel untuk area umum dan kantor di sekitar lokasi area.

 

Komitmen TelkomGroup di bisnis data center dibuktikan dengan selalu jadi yang pertama mendapatkan sertifikasi bertaraf international seperti Uptime Sertifikasi Tier 3 & Tier 4 sejak tahun 2015 dan Sertifikasi Uptime TCOS untuk Uptime Sertifikasi Operasional satu-satunya di Indonesia di Desember 2017.

 

“Dengan teknologi terdepan, inovasi terbaik dari sinergi TelkomGroup dalam Telkom HDC ini, kami optimis ke depan Telkom jadi pemain besar untuk bisnis data center dan semakin memperkuat domain digital platform seperti yang dicanangkan perusahaan,” tutup Ririek.

(ad; Bahan dari  : https://www.indotelko.com/read/1594369719/telkomgroup-hyperscale)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close