RSS Feed     Twitter     Facebook

Archive for the ‘Serba Serbi’ Category

Pengalamaan dengan Go Food

Pengalamaan dengan Go Food

Anakku memperkenalkan cara baru pesen makanan. Bertepatan ada tamu siang hari, didapur ada nasi tapi nggak siap lauk ee yang disuruh cepet2 beli soto Bandung, nyantai pegang HP. Pikirku, anak jamaan Now kalau disuruh ortu malah hare hare. Dia kutegur, Prit, cepet berangkat, tamunya keburu pulang.   Ah bapak katro, tenang saja bentar lagi datang, jawabnya. […]

Manfaat lain dari daun Jlegor (Ubi Jalar)

Manfaat lain dari daun Jlegor (Ubi Jalar)

Selain daun Jlegor dari aspek kulinernya, ternyata cerita keponakan saya lain lagi. Kita tahu saat terserang penyakit demam berdarah, trombosit akan turun terus. Dan seperti berlomba, penderita harus berusaha mengembalikan “penurunan” itu ketingkat normal disekitar angka 150.   Dunia kedokteran, hanya meningkatkan stamina pasien, karena mungkin, penyakit DB termasuk jenis yang belum diketahui obatnya. Namun […]

Menghadiri Pernikahan Anak Perawat Rusa Istana di Gang Sempit

Menghadiri Pernikahan Anak Perawat Rusa Istana di Gang Sempit

Merakyat itulah yang cocok disematkan buat sosok ini seperti cuplikan dari detik.com berikut ini : Jokowi menghadiri pesta pernikahan anak petugas perawat rusa di Istana Kepresidenan Bogor. Kehadirannya ditemani Ibu Negara Iriana. “Yang dihadiri adalah pernikahan anak pegawai Istana, Pak Ali, pawang rusa Istana Bogor,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey […]

Himbauan Dari Seorang Ibu

Himbauan Dari Seorang Ibu

Berikut ada himbauan dari seorang ibu, yang kalo kita renungkan, ada benernya juga : Mohon untuk tidak mengganti kata  Ibu yang sudah mengindonesia dengan kata UMMI yang atau kata EMAK yang kesunda2an, apalagi kata MAMA yang kebarat2an,   Juga kata BUNDA yang kenasional2an. Soalnya kita sudah mengenal istilah “Air Susu Ibu” yang disingkat ASI, coba bayangkan […]

Istri pertama marah

Istri pertama marah

Kemarin seorang suami menelpon istrinya. “Mah, hari ini kamu gak usah masak ya” Sang isteri dengan heran bertanya, “Lho tumben. Emang kenapa, Pah?” “Ini Papah sengaja  bawain masakan enak buat kita”   “Oh..darimana, Pah?” “Dari second wife‼” “Ah, yang bener??Jangan becanda begitu ah, Pah!” “Ini serius kok Mah. Dari second wife. Enak deh!”   “Sekali […]

Arsip Lama 3: Kebun Jelatang (FE 080)

Arsip Lama 3: Kebun Jelatang (FE 080)

Kami tidak bisa ber-lama2 di Pura dan segera pamit melanjutkan perjalanan. Saya membawa ransel punggung, khusus untuk pendaki. Alas tidur saya gulung dan selipkan pada ransel. Yang luar biasa hebat adalah para pemandu sekaligus Sherpa.   Mereka membawa ransel depan belakang dengan entengnya mendaki. Kebanyakan mereka memakai sandal gunung. Mereka selain membawa perlengkapan masak, tenda […]

Pantun lawas ciptaan Ketum P2tel-pak SPS (2011)

Pantun lawas ciptaan Ketum P2tel-pak SPS (2011)

Syahdu syukuran dan semarak senam lapangan pada acara peringatan hut ke-37 p2tel dan hut ke-35 Dapen Telkom th. 2017 usai sudah. Ijinkan saya lantunkan Pantun lawas ciptaan Ketua Umum P2tel-pak SPS (2011)   *PANTUN HUT P2TEL – 2011* Redup bulan nampak nak hujan Pasang pelita sampai berjelaga Nasib kita di tangan Tuhan Tiada sangka P2tel […]

Maaf Dari Tsunami

Maaf Dari Tsunami

(Oleh : imams – 2005) Tubuhku lautan membentang jagad permai Gelombang ombak gerakku laju menggapai Engkau manusia berenang menepuk wajahku   Engkau bercumbu ria di bibir pantai ku Engkau berselancar meliuk di laju ombakku Engkau berlayar menjaring ikanku   Kita bersahabat karena anugerah nya.. Kita bercengkerama karena berkahNya..   Wahai manusia para sahabatku Aku lautan […]

Cabai Nan Aluih

Cabai Nan Aluih

Kalau tiba-tiba kepingin makan makanan semasa kecil ya wajarlah, sekedar mencecap nostalgia.  Sego Liwet,  Pecel Tumpang, atau cake kuno dwi-warna kuning-coklat memang ngangeni, suatu saat ada kesempatan pulkam ya itu dulu yang diburu.   Begitu pula orang yang sering berada di dapur rumah saya.  Kalau ingin memasak masakan nostalgianya  tidak nanggung,  bumbu2nya dia usahakan selengkap […]

Yang penting bagiku rasanya nikmat

Yang penting bagiku rasanya nikmat

Hari senin itu, saya dapat oleh oleh dari mang Entis tukang sayur langganan. Dia baru pulang kampung di Majalengka, orangnya memang begeur (baik) tapi bahasa sundanya sehari hari kasar, kalau ditanya mana tempe bungkus pesenanku, jawabnya poho (lupa).   Jadilah dia dipanggil mang Poho.   Ketika ngobrol bahwa dia mau pulang kedusunnya, saya bilang tolong bawakan […]