Merdeka.com- Tim HashTag Telkom University (Tel-U) terdiri dari Miftahul Bagus Pranoto, Ranita Windriani dan Yunita Kumaeroh mengembangkan aplikasi game berbasis Android. Game ini dinamai Jombie singkatan dari Jomblo Indonesia.
Game Jombie memadukan teknologi digital terhadap tradisi, adat, dan budaya pernikahan di Indonesia. Game ini terdiri dari mini-game sebagai tantangannya. “Siapa yang dapat menyelesaikan (mini game)-nya, bisa berfoto menggunakan fitur Augmented Reality baju pernikahan sesuai daerahnya,” kata Bagus, melalui rilis ke Merdeka Bandung, (30/10).
Game ini dilombakan dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK (Gemastik) 8 Tahun 2015. Jombie berhasil juara tiga untuk kategori Pengembangan Aplikasi Games. Juara 1 diraih Tim EsKrim Games dari Politeknik Negeri Jakarta, juara 2 diraih Tim Reversi Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.
Gemastik tahun ini digelar di Auditorium Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dari Senin-Rabu, tanggal 26 28 Oktober 2015. Kompetisi ini mengusung tema Kreativitas dan Inovasi Pemuda Menuju Masyarakat Indonesia Berdikari.
Bagus mengungkapkan, game Jombie satu dari sekian banyak karya akhir mahasiswa Prodi D3 Informatika FIT yang wajib diikutsertakan pada Kompetisi Gemastik 8 Tahun 2015. Menurut Bagus, karya ini bukan karya yang disiapkan untuk mengikuti kompetisi. “Tetapi kerja keras dari Tim HashTag berhasil meraih juara 3 dalam Kategori Pengembangan Aplikasi Games,” ujarnya.
Ia menambahkan, timnya yang berasal dari Prodi D3 Informatika Fakultas Ilmu Terapan (FIT) tidak menyangka bisa meraih tiga besar dalam kategori tersebut. “Saran bagi teman-teman, mencari ide tidak perlu jauh-jauh yang penting unik dan menarik,” ujarnya.
Juara umum Gemastik 8/2015 diraih ITB Bandung dengan raihan 3 emas dan 3 perunggu, diikuti UGM dengan 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu, UI dengan 1 emas dan 3 perak, IPB dengan 1 emas dan 1 perak, serta Politeknik Caltex Riau dan Politeknik Negeri Jakarta sama2 meraih 1 emas.
Gemastik 8 Tahun 2015 diikuti 4.087 tim terdiri dari 166 perguruan tinggi di Indonesia. Setelah diseleksi, finalis lomba terdiri dari 101 tim dari 27 perguran tinggi. (MTF; http://www.merdeka.com/peristiwa/mahasiswa-bandung-kembangkan-game-jomblo-indonesia.html)-FatchurR