Islam

Ayat Kursi (TA 088)

Alhamdulillah, anak dari anak saya yang nol kecil hapal ayat 255 dari surat Al Baqarah. Sering saya telepon dan saya minta ia membacakan ayat ini untuk Eyang Kungnya. Dan dengan nafasnya yang masih pendek2 ia membaca dengan lancar. Mudah2an ilmu ini tetap dikuasainya dengan istiqamah.

Dalam ayat itu memang difirmankan bahwa seluruh ilmu adalah milik Allah SWT, dan kita, saya dan anda tidak mengetahui sedikitpun tentang ilmu-Nya, kecuali seijin-Nya dan siapa yang Dia-kehendaki. Dia mengetahui apa yang dibelakang, didepan dan di dalam semua benda ciptaannya.

 

Dengan mengingat ayat itu, mengajarkan kepada siapa saja yang memiliki ilmu untuk merendahkan diri seraya terus mengharap ridla Allah untuk terus menerus berkenan membuka pintu ilmu kepada kita yang mencarinya. Tanpa izin-Nya kita buta, tidak tahu apa-apa.

Ayat itu dibuka dengan kalimat Tauhid, pengakuan tidak ada Tuhan selain Dia. Ayat ini istimewa, karena tidak seperti ayat-ayat yang lain, mengandung banyak sifat Allah. Dia Maha hidup untuk selama-lamanya, abadi.Dia mengurus makhluknya, tidak pernah tidur, artinya tidak pernah berhenti dan tidak mengantuk, yang artinya tidak pernah lengah, barang sekejap-pun.

Allah menyatakan bahwa tidak ada yang dapat memberikan syafaat, disisi-Nya tampa ijin-Nya. Itu milik-Nya. Allah juga menyatakan kuasanya meliputi semua isi langit dan bumi dan bagi-Nya tidak merasa berat untuk memelihara alam dan seisinya. Dia Maha besar dan Maha tinggi.

Nama Kursi diberikan oleh Rasulullah SAW dan dalam banyak hadits disebutkan bahwa ayat ini adalah ayat yang paling Agung diantara ayat-ayat yang pernah diterima oleh Rasulullah. Dalam hadits lain disebutkan bahwa bila kita membaca ayat ini sebelum tidur, maka Allah akan menugaskan dua malaikat untuk menjaga tidur kita. (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close