JAKARTA (IndoTelko)-Telkomsel memantau ketat 7 x 24 jam terhadap kualitas layanan bagi pelanggan dari Sabang-Merauke selama masa libur Natal dan tahun baru 2017. Pemantauannya melalui Integrated Operation Center (IOC) yang berlokasi di Telkomsel Smart Office, Jakarta.
Pusat pemantauan ini memiliki tiga fungsi operasi, yaitu Network Operation Center (NOC), IT Operation Center (ITOC), dan Customer Care Command Center (C4).
“Kami ingin pastikan pelanggan merasakan optimal menggunakan layanan, terutama di masa2 lonjakan trafik layanan komunikasi : Malam pergantian tahun. IOC yang dioperasikan ini membantu memantau kondisi layanan dan jaringan tiap saat. Juga melakukan langkah2 antisipasi dan penanganan terhadap gangguan yang muncul,” kata VP Network Operation Management Telkomsel, Paulus Djatmiko, dalam rilisnya.
Lebih dari 160 petugas memantau pergerakan trafik suara, SMS, dan data di IOC agar customer experience terjaga. Hasil pemantauan jadi informasi awal bagi penanganan masalah yang muncul di lapangan. NOC memiliki beberapa fungsi, seperti fungsi monitoring mengawasi status kesiapan jaringan telekomunikasi.
Juga fungsi remote maintenance yang melakukan perawatan dan perbaikan jarak jauh tanpa harus datang ke lokasi infrastruktur, fungsi reporting yang melaporkan sejarah kejadian terkait jaringan yang ada di lapangan, serta fungsi measurement yang memberikan data hasil pengukuran kinerja BTS.
Pemantauan sisi C4 dilakukan menangani hal2 terkait aktivitas komunikasi pelanggan seperti customer complaint, network incident, dan service performance. Telkomsel juga memantau performansi aplikasi / web MyTelkomsel dan MyGraPARI, serta aplikasi2 pesan instan, medsos, video streaming, dan music streaming yang banyak digunakan.
ITOC difungsikan untuk memastikan akses pelanggan terhadap layanan Telkomsel dari sisi IT dapat dinikmati dengan lancar, seperti memantau aktivitas provisioning handling, charging system, value added services (VAS), dan digital services.
Dilengkapi dashboard monitoring wall display, IOC juga memantau langsung ketersediaan, utilisasi, dan performansi jaringan terutama di 687 titik keramaian utama yang diindentifikasi Telkomsel sebagai titik2 yang tingkat aktivitas komunikasinya tertinggi, seperti :
Bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah. Di lokasi2 ini diprediksi akan terjadi rata2 peningkatan trafik layanan data sebesar 47% bila dibanding trafik pada hari normal.
Beroperasinya IOC melengkapi aktivitas2 yang dilakukan Telkomsel menyambut momen tahun baru 2017, selain peningkatan2 kapasitas dan kualitas jaringan di Indonesia. 723 BTS baru dibangun khusus untuk momen pergantian tahun ini agar masyarakat menikmati layanan telekomunikasi berkualitas saat trafik telekomunikasi :
Mengalami lonjakan cukup tinggi tiap tahunnya, khususnya layanan data. Di lokasi-lokasi strategis yang memerlukan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan, Telkomsel juga mengerahkan 91 compact mobile base station (Combat) untuk menjaga agar layanan tetap prima.
Pada puncak periode Natal-tahun baru, Telkomsel memprediksi layanan data mencapai trafik tertinggi hingga 4,10 petabyte atau naik lebih dari 118% dibanding tahun sebelumnya. Hal ini seiring semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk :
Video streaming, music streaming, online games, media sosial, chatting, dan penggunaan berbagai aplikasi. Trafik layanan suara diperkirakan 1,52 miliar menit perhari dan trafik SMS diperkirakan mencapai 892 juta SMS perhari.(tp; http://m.indotelko.com/kanal_lipsus?di=2&c=lip&it=cara-telkomsel-pantau)-FatchurR