Aku cinta Indonesia

Perlu 153M agar Pos Perbatasan Nanga Badau Megah

Jakarta-Presiden Jokowi tak ingin pembangunan infrastruktur dilakukan setengah2. Salah satunya terlihat dari pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau di Kalbar. Jokowi memerintahkan bangunan lusuh dan usang dibongkar total dan dibangun lagi lebih megah lengkap  fasilitas pelayanan lintas batas negara yang modern.

Berkat perbaikan yang dilakukan, PLBN Nanga Badau di sisi Indonesia kini bisa menyetarakan dan lebih baik dari PLBN milik tetangga, dari sisi tampilan, fasilitas dan pelayanannya. Bangunan lama dibongkar dan konstruksi bangunan baru sudah berdiri.

 

Data Dirjen Cipta Karya, Kemen-PUPR menunjukkan alokasi dana yang disiapkan Rp 153,85M. Pelaksana konstruksinya PT Jaya Konstruksi MP. Lingkup pekerjaannya banyak hal : Pembangunan ulang bangunan utama, pembuatan bangunan pemeriksaan terpadu kedatangan, hingga bangunan pemeriksaan terpadu keberangkatan sehingga proses pemeriksaan para pelintas batas negara dilakukan sekali jalan.

Total lahan PLBN Nanga Badau 8,8 HA, luas bangunan 7.619 M2. Bangunan di zona inti :  Bangunan Utama PLBN, Pos Lintas Kendaraan Pemeriksaan, Bangunan Pemeriksaan Kargo, Bangunan Utilitas, Monumen, Gerbang Kedatangan dan Keberangkatan, serta Hardscape dan Landscape Kawasan yang diharapkan dapat melayani 360 pelintas per hari sampai dengan tahun 2025.

 

Tahun ini, Kementerian PUPR melanjutkan pembangunan PLBN Tahap II yakni zona sub inti dan pendukung dengan kotrak multiyears 2017-2018 Rp 167M. Kegiatannya pembangunan perumahan petugas kepabeanan, keimigrasian, karantina, dan pengamanan, rumah ibadah, tempat makan, Wisma Indonesia, gedung serbaguna, kantor pengelola dan pekerjaan pendukung lain. (dna/ang; Dana Aditiasari; http://detik.id/6ZYjnz)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close