Islam

Safinatun Masjid termegah mirip Kapal Nabi Nuh

Travel Blog Reservasi-Masjid Safinatun Najah jadi masjid di Semarang yang memiliki desain unik menyerupai kapal Nabi Nuh. Unik dan desain dalam masjid ini juga memiliki arti tersembunyi.

 

Falsafah khusus Masjid Kapal Nabi Nuh

Berdasar data yang dihimpun dari berbagai sumber oleh tim Reservasi.com (20/3/2017), terdapat filosofi khusus kenapa bangunan masjid ini berbentuk bahtera Nabi Nuh.

 

Sesuai namanya, Safinatul Najah mengingatkan umat Islam tentang kisah Nabi Nuh saat diperintahkan Allah untuk menyelamatkan kaumnya dari bencana banjir. Oleh sebab itulah masjid ini dibuat menyerupai kapal Nabi Nuh.

 

Masjid megah dengan bangunan fisik seperti kapal besar lengkap dengan jendela berbentuk bulat, buritan, dan haluan ini berdiri dengan luas bangunan 2.500 meter persegi dan luas lahan 7.500 meter.

 

Hal unik di Masjid Safinatun Najah

Tak hanya memiliki desain unik yang menyerupai kapal Nabi Nuh, masjid ini dikelilingi dengan kolam air. Hal itu dibuat agar bangunan masjid seolah mengambang di atas air dan berguna untuk membersihkan kaki Jemaah sebelum masuk untuk beribadah.

 

Selain tempat ibadah, bangunan 3 lantai ini dilengkapi fasilitas lain : Perpustakaan, ruang pertemuan, dan klinik kesehatan untuk masyarakat. Kemegahan masjid ini terinspirasi dari Masjid Islamabad di Pakistan. Sedang kubahnya hijau tua terinspirasi kubah masjid Nabawi di Mekkah, Arab Saudi.

 

Lokasi Masjid Kapal Nuh : Berada di Kampung Padaan, tepatnya di Jalan Kyai Padak, RT 05 RW 05, kelurahan Podorejo, kecamatan Ngaliyan, Semarang

 

Kalau di Semarang ada Masjid menyerupai kapal Nuh, di Iran ada masjid yang terlihat biasa dari luar, namun dari dalam Nampak indah luar biasa. Jangan lupa kunjungi masjid2 ini untuk lengkapi jajaran wisata religi. (Ululal Ahmad; http://blog.reservasi.com/masjid-safinatun-najah-masjid-megah-mirip-kapal-nabi-nuh/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close