Jakarta, 13/3/17-PT Telkom/TLKM tercatat perusahaan telekomunikasi paling bernilai di Asia Tenggara. Telkom yang memiliki brand value US$ 4,33M ini mempertahankan posisinya 4 tahun ber-turut2 dan pertama kalinya masuk Brand Finance Global 500 pada peringkat 393. Dengan posisi ini, Telkom juga menjadi perusahaan nomor 1 Indonesia.
Lembaga konsultan merek internasional Brand Finance dalam laporan terbarunya yakni Brand Finance Telecoms 500, menyebutkan di antara perusahaan-perusahaan telekomunikasi dunia, posisi Telkom naik ke peringkat 40 dari peringkat 49 pada tahun 2016 lalu. Telkom juga berhasil mempertahankan rating brand strength-nya tetap pada AAA-.
Ini berarti berarti Telkom telah mempertahankan pangsa pasarnya, meskipun mengalami banyak tekanan. Telkom berhasil melampaui posisi emiten telekomunikasi papan atas di kawasan Asia Tenggara. Saat ini, Singapore Telecommunications Ltd (SingTel) berada di posisi 50, naik dari 52 pada tahun lalu. SingTel memiliki brand value US$ 2,61 miliar dengan brand rating AA.
Sementara itu, Philippine Long Distance Telephone Company (PLDT) menempati posisi 65, naik dari 67 pada tahun lalu. PLDT membukukan brand value US$ 1,85 miliar dan brand rating AA. VP Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan, saat ini Telkom tengah bertransformasi dan memperkuat posisi sebagai perusahaan telekomunikasi digital.
Hal tersebut diharapkan menjadi faktor kuat yang akan menambah kepercayaan dan kesetiaan pelanggan serta stakeholders lainnya. “Membangun merek merupakan pekerjaan jangka panjang yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Telkom senantiasa melakukan inovasi untuk meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap produk dan layanan yang diberikan,” kata Arif.
Metodologi yang digunakan Brand Finance untuk memvaluasi sebuah brand melibatkan performa keuangan sebagai aspek kuantitatif dan rating dari Brand Strength Index (BSI) sebagai aspek kualitatif. Secara kuantitatif, Brand Finance menilai brand dengan pendekatanroyalty relief.
Analisis yang dilakukan meliputi faktor input, yakni investasi di bidang pemasaran, brand equity, atau nilai goodwill, serta faktor output, yaitu dampaknya pada kinerja bisnis. Brand Finance menilai dan melakukan pemeringkatan brand serta mengukur seberapa kuat brandtersebut. Brand yang dimasukkan di dalam peringkat ini terdiri dari corporate brand dan product brand.
Tahun buku 2016 Telkom membukukan triple double-digit growth dengan presentase pertumbuhan pendapatan 2, EBITDA dan laba bersih 2016 dibanding 2015. Telkom berhasil mencatat pendapatan Rp 116,33T atau tumbuh 13,5%, EBITDA Rp 59,50T atau tumbuh 15,7% dan laba bersih 19,35T atau tumbuh 24,9% dibandingkan 2015. (http://www.telkom.co.id/tak-hanya-sebagai-merek-nomor-satu-di-indonesia-telkom-tembus-global-500-2017.html)-FatchurR