KesehatanPsikologi

Kesaksian Pasien2 yang disembuhkan Dokter Terawan

(cnnindonesia.com)- Jakarta; Kabar pemecatan Kepala RSPAD Gatot Subroto, Dokter Terawan Agus Putranto bergulir pada Selasa (3/4).

Spekulasi soal alasan pemecatan belum jelas. Namun politikus dan pebisnis Aburizal Bakrie mencuitkan dugaan alasan pemecatan dokter Terawan, yakni berkaitan dengan metode ‘cuci otak’.

 

Dari penelusuran CNNIndonesia.com, metode ini dituangkan dalam disertasi doktoral Terawan dengan judul ‘Efek Intra Arterial Heparin Flushing Terhadap Regional Cerebral Blood Flow, Motor Evoked Potentials, dan Fungsi Motorik pada Pasien dengan Stroke Iskemik Kronis’.

Meski menuai pro-kontra, tetap ada deretan pasien yang muncul ke permukaan dengan tagar #SaveDrTerawan di Twitter. Para pasien ini datang dari berbagai latar belakang dan mengatakan sembuh di tangan Terawan.

Jaya Suprana dan sang istri, Aylawati Sarwono pernah menjadi pasien Terawan. Melalui akun Twitter pribadinya, Aylawati mengungkapkan dirinya dan suami merasakan manfaat dari metode pengobatan Terawan.

“Saya dan Jaya Suprana itu pasien dari Terawan atas kesadaran dan pilihan sendiri untuk jadi sehat, kami merasakan manfaatnya. Adalah hak konsumen memilih alternatif pengobatan termasuk dengan metode temuan dari Terawan maupun pengobatan tradisional dengan Jamu. #SaveDrTerawan,” tulisnya.

 

Putra mantan ketua DPR RI Agung Laksono, Dave Laksono pun turut membela sang dokter. Menurutnya, Terawan telah menyelamatkan banyak nyawa.

“Dr. Terawan telah berhasil menyelamatkan ribuan nyawa manusia, termasuk sejumlah keluarga saya. Kenapa IDI hanya memberi sanksi tanpa solusi! #savedrterawan,” tulisnya.

 

Tindakan cuci otak atau Intra Arterial Heparin Flushing (IAHF) adalah modifikasi dari penggunaan teknik pencitraan dengan Digital Substraction Angiography (DSA). Kemudian tindakan dilanjutkan dengan flushing heparin dengan panduan kateter.

Terawan sebelumnya menjelaskan terdapat bagian inti pada otak penderita stroke yang mati serta penumbra atau bagian yang mati sebagian. Dia menuturkan bagian yang rusak tidak bisa diperbaiki, tetapi bagian penumbra masih bisa. (Asa; Elise Dwi Ratnasari  Bahan dari :  https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180403205636-255-288029/kesaksian-barisan-pasien-yang-disembuhkan-dokter-terawan)-FatchurR

Catatan : Kayaknya rencana pemecatan ini, bertalian dengan Kode etik Kedokteran. (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close