Selingan

Megahnya Masjid Terbesar di Indonesia Timur

(travel.detik.com)-MAKASSAR; Banyak tempat bisa dikunjungi saat ke Makassar. Apalagi saat Ramadan, wisata religi di Masjid lebih asyik. Salah satunya Masjid Al Markas Al Islami Jenderal M Yusuf. Masjid ini, jadi pilihan traveler untuk berwisata religi, yang cocok dijadikan tempat ngabuburit menanti berbuka.

Masjid yang indah dan megah ini menjadi yang terbesar di Indonesia Timur menjadi pusat peradaban Islam di kawasan timur Indonesia. Tepatnya, Masjid berlokasi di Jalan Masjid Raya Makassar, Kelurahan Timongan Lompoa, Kecamatan Bontoala, Kota Makasar, Sulawesi Selatan. Warna hijau yang melekat pada bangunan megah ini seakan menjadi simbol bagi masyarakat Kota Makassar yang sangat religius.

Masjid Al Markas Al Islami dikelola oleh Yayasan Al Markas Al Islami. Masjid ini pertama digagas mantan Panglima ABRI, Jendral Purn M Jusuf (1992) di Makkah. Masjid ini dibangun tahun 1994 dan diresmikan pertama kali tahun 1996.

Bangunan masjid terdiri atas 3 lantai, berdaya tampung 10.000 jamaah. Masjid juga memiliki menara setinggi 84 meter, ukuran 3×3 meter. Tinggi menara ini kurang 1 meter dari menara Masjid Nabawi.

 

Tak kalah menarik di bagian halaman masjid luas, dengan rerumputan dan pohon membuat suasana masjid sejuk dan bersih. Jika diperkirakan luas secara keseluruhan berkisar 7 ha. Tak hanya sebagai tempat ibadah, Masjid Al Markas Al Islami ini juga pusat pengembangan dan penelitian, sosial budaya, pendidikan hingga ekonomi.

“Tempat ibadah di Masjid dari tahun ke tahun meningkat makin besar makin banyak selain ibadah salat di bulan Ramadhan Ini tiap tahun banyak kegiatan disini. Pertama Salat tarawih diikuti puluhan ribu jemaah bahkan banyak dari daerah2 datang”.

 

“Karena akhir2 ini melakukan tarawih dilakukan 1 juz satu malam, Imam tarawih itu membacanya setuju 1 malam dan dilakukan 20 rakaat setiap malam itu ramai sekali jamaah itu,” kata Imam Besar Masjid Al Markas Al Islami, Hasan Basri, ditemui di Masjid Al Markas, Jumat (10/5/2019).

 

Masjid ini juga menyediakan pasar ramadhan sebulan lamanya. Pasar ramadhan ini dilakukan didepan Masjid dengan menyediakan lapak jualan takjil hingga kebutuhan ibadah masyarakat.

“Masyarakat disini bisa dilihat dipekarangan Masjid, banyak tempat jualan sehingga ekonomi makin meningkat dan seperti itu diarahkan oleh bapak Wapres JK bahwa Masjid yang terbuka untuk umum bukan saja sebagai tempat ibadah tapi juga ibadah sosial, perekonomian masyarakat itu juga diberi kesempatan untuk bisa melakukan kegiatan di sekitar Masjid,” paparnya.

Jika ke Makassar, tak lengkap rasanya jika tak mampir ke Masjid Al Markas Al Islami Jenderal M Yusuf. Yuk berkunjung dan beribadah di Masjid terbesar di Kawasan Timur Indonesia. (wsw/aff; Ibnu Munsir; Bahan dari :  https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4545696/megahnya-masjid-terbesar-di-timur-indonesia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close