Kesehatan

Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

(health.detik.com)-JAKARTA; Cara menghilangkan kutu rambut dengan alami ada beberapa cara. Kutu rambut itu parasit yang hidup di kulit kepala dan membuat gatal serta membuat rambut tampak tak sehat.

 

Gejala yang timbul dari parasit yang menempel adalah rasa gatal. Kutu mengigit kulit untuk mengisap darah, sehingga air liur dari gigitan ini mengakibatkan reaksi gatal-gatal.

 

Bagi yang merasa memiliki gejala di atas, ada beberapa cara untuk membasmi kutu rambut. Yuk simak beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami:

 

1-Daun sirsak

Daun sirsak bagus membunuh kutu beserta telurnya. Caranya siapkan 7 lembar daun sirsak muda, rebus dengan air 1,5 liter, tunggu air berubah warna. Setelah itu tunggu dingin dan gunakan untuk keramas, lanjut bilas dengan air bersih.

 

2-Asam cuka

Sifat asam yang tinggi dapat membasmi kutu dan telurnya dengan cepat. Caranya sediakan 2sdm cuka, campur 2 sendok makan minyak kelapa, dan campur secara merata. Oleskan ke kulit kepala sebelum tidur dan biarkan hingga besok pagi, dan bilas dengan shampoo.

 

3-Air beras

Air beras yang biasa dibuang saat mencuci beras, bisa disisipkan dan untuk menghilangkan kutu rambut. Cara untuk menggunakan air beras yaitu bungkus rambut yang dibasahi air beras pakai handuk atau shower cap satu jam. Bilas sampai bersih, lakukan tiap hari hingga kutu2 itu hilang dikulit kepala anda.

 

4-Minyak Zaitun

Mudah menggunakan minyak zaitun, caranya mengoleskan minyak zaitun ke rambut secara merata. Setelah itu tutup gunakan shower cap dan diamkan semalaman. Sisir rambut untuk mengangkat telur kutu yang masih menempel di rambut.

 

5-Mayones

Mayones, pelengkap makanan bisa digunakan membasmi kutu rambut. Caranya, siapkan mayones secukupnya. Oleskan ke kulit kepala merata dan dipijit-pijit. Tutup rambut kepala gunakan shower cap, dan biarkan 5-6 jam. Kemudian keramaslah rambut hingga bersih.

 

6-Air perasan Jeruk Lemon

Vitamin C pada buah lemon dapat membasmi kutu. Kandungan asam memberi kerja maksimal dan dapat cepat menghilangkan kutu rambut. Caranya, oleskan perasan lemon ke kulit kepala, lalu diamkan 30 menit. Bilas hingga kulit kepala bersih.

 

Demikian cara menghilangkan kutu rambut. Setelah kutu rambut hilang, kita dapat menjaga agar kutu kepala tidak datang lagi. Tips mencegah kutu rambut : Menjaga kebersihan kamar, hindari berbagi sisir, handuk, topi, dan helm orang lain.

 

(nwy/up; Fithria Pratiwi; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4583005/6-cara-menghilangkan-kutu-rambut-secara-alami?_ga=2.91904218.1557299244.1562267904-623937103.1510206277)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close