Selingan

Miliki 201 Kubah Masjid Di Bangladesh Daya Tarik Turis

(muslim.okezone.com)-Masjid baru di Bangladesh jadi pusat daya tarik publik dari seluruh negara Muslim Asia Selatan berkat gaya arsitektur Mughal yang unik.

 

“Desa saya Pathalia Selatan, tempat yang tak dikenal. Tetapi kini banyak orang dari dalam dan luar negeri datang ke sini untuk menyaksikan keindahan Masjid dan tiap hari libur sekitar 10.000 orang mengunjunginya,” kata Rafiqul Islam yang membangun masjid.

 

‘Masjid 201 Kubah’, namanya, dibangun di tepi Sungai Jhinai di Pathalia Selatan, Tangail sekitar 140 km dari ibu kota Dhaka. Rumah ibadah Muslim dapat menampung sekitar 30.000 umat sekaligus.

 

Dikutip dari AboutIslam, (17/6/2019), pekerjaan konstruksi di masjid dimulai Januari 2013 ketika Islam menyumbangkan 5 ha tanah leluhurnya untuk proyek ini. Dia meluncurkan ‘Rafiqul Islam Trust’ di mana para donor dan penduduk desa mengumpulkan sejumlah $13 juta untuk proses konstruksi.

 

“Itu proyek impian bagi saya, yang saya mulai dengan $20.000. Lalu, banyak dermawan Bengali memberi dukungan untuk membangun masjid dan pekerjaan konstruksi tidak berhenti satu jam pun” kata Islam.

 

Keunikan masjid

Keunikan arsitektur Islam Asia Selatan di masjid ini menarik perhatian public/penduduk setempat, dan apresiasi dari Guinness World Records yang mengakui menara setinggi 140 meter itu menara beton tertinggi di dunia.

 

Menara tinggi ini setara dengan tinggi bangunan 55 lantai. Selain itu, ada 201 kubah, yang tertinggi 24-m dan kubah sekelilingnya yang tingginya 13-m. Dalam membuat masjid ini unik, Islam mengunjungi banyak masjid terkenal di dunia untuk mengembangkan ide utama. Dia berbagi pengalamannya dengan arsitek Bangladesh untuk memvisualisasikan desain masjid.

 

Selain menjadi helipad untuk kemudahan wisatawan internasional. Masjid ini direncanakan  mencakup panti asuhan, rumah pensiun dan rumah sakit amal untuk wanita.

 

“Saya merancang kubah sesuai basis tradisional struktur Islam Mughal Asia Selatan. Sisi selatan dan utara masjid terbuka untuk mendapat banyak cahaya dan udara,” informasi Mrinmoy Adhikary, arsitek utama masjid. “Di dalam masjid, jamaah dapat membaca semua ayat-ayat Al-Quran yang telah ditulis pada kuningan dan dipasang di dinding masjid,” lanjutnya.

 

Islam memberitahu PM Bangladesh Sheikh Hasina akan menghadiri upacara peresmian masjid (Januari atau Februari-2020). Imam Besar Masjid Nabawi di Madinah juga akan menghadiri upacara peresmian dan akan memimpin shalat resmi masjid yang pertama. (tam; Annisa Aprilia Nila Sari;  Bahan dari : https://muslim.okezone.com/read/2019/06/17/615/2067435/miliki-201-kubah-masjid-di-bangladesh-ini-jadi-daya-tarik-turis?page=1)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close