Kesehatan

Pengobatan Asam Urat Di Rumah

(hellosehat.com)-Pasien asam urat merasakan sendi sakit hingga bengkak. Meski penyakit ini tak bisa disembuhkan, tapi gejalanya bisa dikendalikan. Selain obat2an dari dokter, ada pengobatan asam urat di rumah yang patut dicoba.

 

Pengobatan di rumah ini membantu Anda mengendalikan gejala asam urat. Lantas, pengobatan apa saja yang bisa dilakukan di rumah?6 pengobatan di rumah mengharuskan Anda mengubah gaya hidup

 

Kunci dari pengobatan asam urat di rumah itu mengubah gaya hidup. Tentu, Anda harus mengubahnya ke arah lebih baik dan sehat. Perubahan gaya hidup ini ampuh dan manjur untuk mengendalikan gejala asam urat. Begini cara2 yang bisa Anda lakukan.

 

1-Pantau kadar asam urat tubuh

Milikilah alat tes asam urat. Saat ini alat cek asam urat bisa dipakai pasien. Bentuknya hampir sama dengan alat pengecek gula darah di rumah. Dengan alat itu Anda bisa terus memantau kadar asam urat Anda. Kadar asam urat normal di bawah 6 mg/dL untuk perempuan dan laki-laki di bawah 7 mg/dL.

 

2-Olah Raga dengan teratur

Pengobatan asam urat lain yang termudah, ber-OR rutin. Berolahragalah teratur dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit selama 5 hari dalam seminggu.

 

Gejala asam urat lebih bisa dikendalikan jika Anda ber-OR. Olahraga membuat sendi2 Anda terlatih dengan baik, sehingga bisa mencegah nyeri sendi yang kerap kali menyerang orang dengan asam urat.

 

3-Jaga berat badan dengan diet yang tepat

Orang yang obesitas berisiko lebih tinggi memiliki asam urat tinggi daripada orang dengan berat badan normal.Pilihlah sumber karbohidrat kompleks di diet Anda. Makan lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh. Hindari makanan seperti kue-kue manis, permen, minuman manis dan produk gula fruktosa tinggi.

 

Kurangi lemak jenuh dari daging merah, unggas berlemak, dan produk susu yang mengandung tinggi lemak. Pilih sumber protein harian Anda dari daging tanpa lemak, ikan, dan unggas 2-3 potong perhari. Sumber protein lain bisa ditambahkan dalam diet adalah produk susu rendah lemak atau yogurt.

 

Selain itu juga pilih makanan yang harus dihindari dan dibatasi untuk mencegah lonjakan asam urat semakin tinggi yaitu menghindari makanan-minuman tinggi purin (asam urat) yaitu seafood, daging merah, makanan2 manis (mengandung gula), alkohol, dan jeroan

 

4-Perbanyak minum air putih

Alih2 mengonsumsi alkohol/minuman manis, sebaiknya pilih air putih yang terbukti lebih sehat. Sering minum alkohol terbukti meningkatkan kadar asam urat, dan berakibat serangan asam urat terjadi.

 

Dengan minum air minimal 8 gelas per hari, membantu mengangkut zat gizi dan juga zat yang tidak terpakai di tubuh. Beberapa ahli percaya minum air putih ikut melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk di tubuh.Juga pilih buah yang mengandung air juga bisa jadi cara memperlancar pengeluaran asam urat.

 

5-Obat asam urat dari dokter

Selain pemilihan makanan, cara mengatasi asam urat, patuh minum obat. Jika Anda didiagnosis asam urat tinggi dan diberikan obat khusus oleh dokter, minumlah obat sesuai petunjuk, secara teratur.Biasanya dokter meresepkan obat anti peradangan seperti celecoxib, indomethacin, meloxicam, atau sulindac saat nyeri mulai sakit dan bengkak.

 

6-Mengandalkan obat alami

Anda bisa mengatasi asam urat  dengan mengandalkan bahan2 alami. Tapi bahan alami ini tidak bisa menggantikan sepenuhnya fungsi obat dari dokter. Obat alami ini hanya bisa membantu mengendalikan gejala yang muncul. Berikut  obat alami asam urat yang bisa dikonsumsi.

 

Cuka apel

Dilansir dilaman Healthline, belum ada studi ilmiah tentang minum sari cuka apel untuk obat asam urat. Namun, sari cuka apel itu mengurangi peradangan, sehingga mencegah timbulnya tumpukan asam urat pada sendi.

 

Penelitian membuktikan sari cuka apel membantu menurunkan berat badan dengan membuat sampel merasa kenyang lebih cepat.

 

Dengan menurunnya berat badan, kadar asam urat akan mudah menurun. Studi tahun 2010 diikuti pria usia 35-57 tahun selama 7 tahun memperlihatkan hasil : Orang yang mengalami perubahan berat badan (penurunan) 22 poin, ada kemungkinan 4x lebih mungkin menurunkan kadar asam uratnya. Karena itu, konsumsi sari cuka apel dapat membantu proses penurunan ini.

 

Jahe

Jahe membantu menangani penderita asam urat. Jahe sebagai zat anti peradangan mencegah terjadinya pembentukan kristal dan meredakan gejala asam urat.Jahe mengandung zat2 anti peradangan yakni gingerols dan shogaol, Kedua zat ini membantu mengurangi parahnya peradangan yang timbul.

 

Lemon

Lemon bukan hanya menyediakan vitmain C yang membantu meredakan sakit akibat asam urat namun lemon juga membantu menyediakan kalium. Kalium digunakan menjaga fungsi ginjal dan membantu menjaga kadar pH darah dan urin sedikit basa.

 

Dengan seimbangnya fungsi ginjal dan kadar pH ini membantu mencegah pembentukan kristal asam urat. Caranya mudah, peras lemon ke segelas air hangat, dan minum di pagi hari.(Rr Bamandhita Rahma Setiaji; diedit oleh: dr. Damar Upahita – Dokter Umum; Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/pengobatan-asam-urat-di-rumah/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close