Iptek dan Lingk. Hidup

Benarkah Nanas Sembuhkan Kanker

(radarkudus.jawapos.com)-KUDUS; Postingan tentang khasiat buah nanas yang bisa mengobati kanker menyebar melalui medsos. Keterangan di dalam informasi itu, tentang khasiat memakan bagian tengah buah tersebut (bromolin).

 

Ada bagian tulisan yang menerangkan khasiat di informasi itu dinamakan bromolin. Bahkan, dibilang khasiat itu dirahasiakan pihak medis, karena membantu menyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh. Namun, untuk penjelasan selanjutnya tidak detail.

 

Dikatakan juga bromolin bisa melunakkan dinding2 sel kanker, sehingga bisa jadi obat yang menembus inti sel penyakit mematikan itu. Tetapi, jenis kankernya tak disebutkan jelas. Hanya disebutkan baik bagi penderita kanker usus.

 

Di bagian postingan lain, bromolin disebut lebih kuat 10.000x dari kemoterapi. Untuk menyakinkan pembaca, ada postingan testimoni penderita penyumbatan pembuluh darah dan dengan memakan bromolin darahnya menjadi bersih sendiri.

 

Menanggapi postinganini, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Joko Dwi Putranto melalui Kabid Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2L) dr Hikari Widodo mengatakan, isi postingan itu ada benarnya. Namun ada yang janggal. Di antaranya penyebutannya nama bagian tengah nanas bukan bromolin, tapi bromelain.

 

Buah nanas banyak khasiatnya. Tidak hanya bagian tengahnya, tapi keseluruhan. Bisa untuk mengurangi keputihan dan mengandung vitamin C. Namun, dengan mengonsumsi bromelain bisa melunturkan sel-sel kanker dll, masih dibutuhkan penelitian.

 

”Saya pernah baca, hasil penelitian laboratorium senyawa bromelain bisa mengganggu pertumbuhan sel tumor dan pembekuan darah yang lambat. Bisa jadi untuk obat kanker, cuma harus ada konsultasi dengan dokter” ungkapnya.

 

Dia menuturkan, dengan googling tentang khasiat buah nanas bisa diketahui. Nanas juga tak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil, teruma yang usia kandungan trimester awal. Sebab, bromelain memiliki senyawa yang melemahkan serviks (leher rahim). Jadi, konsumsi berlebihan akan memicu konstraksi awal.

 

”Nanas muda yang kulitnya berwarna hijau, mengandung banyak bromelain. Selain menyebabkan leher rahim lemah, juga menyebabkan keguguran. Untuk itu, perempuan yang usia kandungannya muda harus membatasi, bahkan kalau bisa menghindari sama sekali mengonsumsi nanas muda,” terangnya.

 

Makan nanas terlalu banyak juga dapat menyebabkan diare dan maag. ”Sebab, kandungan asam dari buah tropis ini, cukup mengganggu bagi lambung yang sensitif,” imbuhnya.

——

 

Faktanya: Bagian tengah nanas bukan bromolin tapi bromelain. Khasiatnya bisa penyembuhan kanker masih perlu penelitian laboratorium. (ks/lin/san/top/JPR; Bahan dari : https://radarkudus.jawapos.com/read/2018/01/03/37607/nanas-sembuhkan-kanker-belum-tentu-benar)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close