Selingan

Pacific Paint Renovasi Pantai Muarareja Tegal Rp 1M

(beritasatu.com)-TEGAL; Pantai Muarareja kini berganti wajah jadi kawasan wisata bahari warna – warni. Sebelumnya, pantai di wilayah Kota Tegal, Jateng ini kurang jadi perhatian wisatawan karena minim perawatan, juga kumuh.

 

Selama ini pengeloaan pantai dilakukan mandiri oleh warga mengandalkan tiket masuk pengunjung Rp 2.000. Perubahan wajah Pantai Muarareja tadi peran PT Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint (Pacific Paint / PP). Dibantu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pengelola mandiri Pantai Muarareja, perusahaan cat ini merampungkan renovasi sekaligus pengecatan sekitar Pantai.

 

Acara seremoni peresmian renovasi Pantai Muarareja dilakukan Walikota Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono (8/9/2019). Ricky Soesanto, Corporate Head of Marketing PP mengatakan, perusahaannya menggelontorkan lebih dari Rp 1M untuk mengubah wajah Pantai Muarareja jadi Pantai Wisata Bahari yang layak dikunjungi.

 

Dana itu termasuk pengecatan yang menghabiskan sekitar 1.600 liter cat yang terdiri dari Metrolite Acrylic Emulsion, Metrolite Waterproofing dan Glotex Super Synthetic Paint.

 

“Pengecatan meliputi gerbang utama pantai, penambahan mural, 97 kios warga yang berjualan ikan asin, terasi, kuliner lesehan dan souvenir disekitar pantai, juga sebagian rumah di Kampung Muarareja'” ujar Ricky disela Peresmian Program Renovasi Pantai Muarareja di Tegal.

 

Dana yang dialokasikan dari anggaran corporate social responsibility (CSR) Pacific Paint tersebut juga digunakan untuk membangun sejumlah fasilitas lokasi wisata tersebut, seperti mushola, tiga toilet, panggung serbaguna dan sekitar 15 spot foto bagi pengunjung.

 

Untuk 97 kios, diperbaiki dengan mengganti atap yang rusak, mengecatnya warna-warni. Untuk menjaga kebersihan pantai yang panjangnya 1,8 km, PP meyediakan puluhan tempat penampungan sampah.

 

Pengunjung meningkat

Proses renovasi dan pengecatan Pantai Muarareja dilakukan 3 bulan (sejak Mei 2019) dan berdampak positif bagi masyarakat. Omzet pedagang sekitar pantai meningkat seiring naiknya jumlah pengunjung. Disampaikan Ranyan Ketua Pokdarwis, bila puncak jumlah pengunjung di Hari Idul Fitri 2018 tercatat  39.500 orang, maka pada Idul Fitri 2019 meningkat hingga 50.000 orang.

 

Dia yakin, jumlah pengunjung terus meningkat setelah peresmian renovasi pantai, sembari berharap masuknya investor untuk berinvestasi di pantai. Pacific Paint tak berhenti pada kegiatan renovasi dan pengecatan pantai. Untuk memikat wisatawan, perusahaan yang beroperasi sejak 1943 ini menggelar kegiatan Festival Tegal Bahari di Pantai Muarareja.

 

Rangkaian kegiatan Festival Tegal Bahari ini antara lain adanya turnamen futsal, bulutangkis, hias kapal, kicau burung, pemilihan putra putri bahari, peragaan busana anak hingga karaoke.

 

“Pantai Muarareja, salah satu destinasi wisata di Tegal yang keindahannya tak kalah dari pantai lain. Penyelenggaraan Festival Tegal Bahari itu bentuk dukungan Pacific Paint kepada warga Kota Tegal untuk dapat meningkatkan kunjungan wisata serta menyalurkan bakat masyarakat,” ungkap Ricky Soesanto.

 

(Mashud Toarik; MT; Bahan dari : Majalah Investor dan https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/573908/renovasi-pantai-muarareja-kota-tegal-pacific-paint-gelontorkan-rp-1-miliar)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close