Aku cinta Indonesia

Girder Dipasang Proyek Kereta Cepat Jkt-Bdg Mulai Tampak

(finance.detik.com)-JAKARTA; Wujud proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) terlihat jelas dengan dipasangnya girder pertama hari Senin (30/9/2019). Girder ini bagian dari struktur elevated proyek transportasi massal itu.

Prosesi peletakan girder pertama dilaksanakan di casting yard 1 proyek kereta cepat JKT-BDG, di sisi KM 26 Tol Jakarta-Cikampek, sekitar Gerbang Tol Cikarang Utama. Girder ini berfungsi sebagai struktur jalur layang kereta cepat.

Pemasangan girder ini disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno. Rini tiba di lokasi pukul 08.30 WIB. Dia didampingi Dirut PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra, Dirut PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Tumiyana dan pejabat lain.

 

“Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur Allah SWT, kita bisa saksikan momen penting pekerjaan kereta cepat Jakarta-Bandung yaitu erection girder pertama,” kata Dirut KCIC Chandra Dwiputra di lokasi.

Jalur kereta cepat JKT-BDG, 60% nya struktur elevated dari total panjang 142,3 km. KCIC  menargetkan pembangunan kereta cepat JKT-BDG rampung di 2021.

Rencananya proyek ini kembali dapat pencairan pinjaman yang kelima kalinya dari China Development Bank (CDB) US$ 400 juta atau Rp 5,6 triliun (kurs Rp 14.190). Pinjaman itu bakal cair September-2019.

CDB merupakan bank yang meminjamkan dana 75% terhadap seluruh proyek KCIC yang menelan biaya sebesar US$ 6,071 miliar atau setara dengan Rp 85,2 triliun (kurs dolar AS hari ini). Total dana pinjaman dari CBD terhadap proyek ini sebesar US$ 4,553 miliar atau setara dengan Rp 63,9 triliun.

 

(toy/zlf; Trio hamdani;  Bahan dari : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4727044/girder-dipasang-wujud-proyek-kereta-cepat-jkt-bdg-mulai-tampak)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close