YAKESTEL DAN OLAH RAGA

P2Tel Bandung Selatan-Senam Reboan (30-10-19)-Dan Kenali Senam Persendian

Hari itu Rabu Tanggal 30-10-2019 pak H. Susanto Harjono memulai sebagai instruktur, memandu senam Ling Tien Kung pada pukul 06.00. Berbeda dengan Rabu sebelumnya kali ini pesertanya bertambah dan berjumlah jadi 18 orang.

 

Namun kali ini juga merupakan Rabu terakhir senam LTK ditempat ini karena menurut Pak H. Susanto Senam LTK nya dipindah dilokasi dekat kolam renang / ditempat yang baru. Harinya sama Rabu juga mulai pkl.6.30 digabung dengan peserta Umum.

 

Mudah mudahan anggota senam Bandung Lautan Api juga bias berbagi waktu untuk ikut senam LTK ditempat yang baru (agak berjauhan dengan tempatnya senam BLA0. Atau ada kompromi dengan Senam BLA.

 

Acara pada tanggal 30/10/19 setelah Senam LTK, para peserta mengisi daftar hadir kemudian dilanjutkan dengan senamnya BLA yg dipandu Pak H. Agus dan kali ini dibantu juga oleh Bu Susanto Harjono.

 

Jumlah peserta sebanyak 61 orang yang punya NIK  dan 9 orang dari masyarakat Umum. Diawali dengan berdo’a terlebih dahulu. Lanjut Senam peregangan, kemudian senam persendian, senam diabetes, Senam Pernapasan, Senam Bandung Juara dan Senam TELKOM dll.

 

Semua Senam ini berlangsung selama 1 jam. Selesai senam, peserta melakukan saling memijit, saling memukul bahu dan punggung kemudian saling mengusap. Olah Raga ini ditutup dengan informasi2 dan selanjutnya menikmati snack dan minum yang disediakan pengurus.

 

Semoga dengan rutin ikut melakukan senam akan bertambah kesehatan kita dan silaturohim  sesama kita. Aamiin.

 

Oh ya sebagai bonus, dibawah ini disajikan tentang “Senam Yang Baik Untuk Kesehatan Send” dari sumber berikut ini,  Monggo :

 

(m.klikdokter.com)-Kesehatan sendi yang terjaga hingga Lansia akan memungkinkan Anda dapat tetap aktif dan produktif. Karenanya, menjaga kesehatan sendi jadi salah satu investasi yang sebaiknya Anda lakukan sejak dini.

 

Salah satu langkah untuk menjaga kesehatan sendi dengan bersenam serta berbagai OR lain yang dapat mempertahankan kesehatan sendi. Berbicara kesehatan sendi, hal utama yang harus dicapai, menjaga fleksibilitas. Pasalnya, bila sendi memiliki fleksibilitas yang baik maka sendi mampu bergerak, serta dalam jangkauan gerak yang luas.

 

Oleh karena itu, jenis senam dan olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan sendi adalah senam dan olahraga yang ditujukan untuk melatih fleksibilitas, salah satunya peregangan sendi.

Beberapa bentuk gerakan peregangan yang baik untuk kesehatan sendi, dan secara tidak langsung dapat melatih kekuatan otot, antara lain:

 

1-Peregangan Dinamik

Peregangan dinamik meliputi gerakan yang menegangkan otot sambil bergerak aktif bertumpu pada suatu sendi. Gerakan ini dilakukan dalam jangkauan gerak maksimal sendi. Contohnya:

 

  • Torso twist

Gerakan torso twist ini dilakukan dengan berdiri tegak sambil melipat siku 90° dengan kaki yang menahan tetap berdiri stabil. Lalu, putar badan bagian atas Anda ke kanan dan kiri (bergerak hanya sebatas pinggang ke atas). Latihan ini dapat menjaga mobilitas tulang belakang Anda.

 

  • Walking lunges

Cara melakukan gerakan walking lunges yaitu berdiri tegak dan posisi kedua tangan di pinggang, lalu maju selangkah ke depan dan turunkan tubuh Anda sambil menjaga lutut yang di depan tetap segaris dengan panggul Anda. Saat menurunkan badan, usahakan badan Anda tidak menyentuh lantai.

 

2-Peregangan Statis

Peregangan statis, menggerakkan otot dan sendi hingga jangkauan gerak maksimalnya, dipertahankan 20-45 detik (pertahankan tanpa rasa nyeri). Ulangi gerakan ini hingga 2-3x tiap latihan. Latihan ini efektif untuk meningkatkan fleksibilitas. Contoh gerakan jenis ini, yakni:

 

  • Peregangan punggung belakang (upper back stretch)

Gerakan ini dengan berdiri tegak dan kaki dipisahkan sedikit lebih luas dari bahu. Ttautkan jari-jari Anda dan dorong tangan Anda ke depan sejauh mungkin dari dada. Bila memungkinkan, lakukan gerakan yang sama, namun tangan berada di punggung belakang atas Anda untuk tujuan relaksasi.

 

  • Memiringkan tubuh ke samping (side bends)

Gerakan berdiri tegak dan kedua kaki dilebarkan lebih luas dari bahu, dan tangan beristirahat lurus ke bawah. Lalu, perlahan miringkan badan ke arah samping, dan kembali ke posisi vertikal. Lalu, miringkan badan ke sisi lain. Saat melakukan gerakan ini, jangan sampai posisi tubuh Anda membungkuk ke depan atau ke belakang.

 

Dari studi terkait peregangan statis pada individu sehat yang usia 21-39 tahun, rutin meregangkan otot setiap hari selama 30 detik, setelah 6 minggu diperoleh peningkatan mobilitas sendi yang signifikan dibanding mereka yang meregangkan sendinya 15 detik saja.

 

Beberapa contoh gerakan untuk melatih fleksibilitas sendi.

Banyak jenis gerakan yang dapat dilakukan. Harus  diingat dalam melakukan tipe peregangan itu dengan memanjangkan otot sejauh yang bisa ditoleransi dan tidak menimbulkan rasa nyeri. Setelah itu, tahan posisi ini beberapa waktu (20-45 detik).

 

Untuk menghindari cedera, bergerak perlahan dan terkontrol, jangan paksakan tiap gerakan yang dilakukan. Cobalah perhatikan gerakan Anda.

 

(Data dan Foto kiriman H. Djuhana; Bahan dari : dr. Atika; Bahan dari : https://m.klikdokter.com/info-sehat/read/2697380/senam-yang-baik-untuk-kesehatan-sendi)-FatchurR)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close