Selingan

7 Bahan Alami Pewangi Mobil Lebih Murah Dan Praktis

 (hot.liputan6.com)-JAKARTA; Bahan alami pengganti pewangi mobil jadi solusi murah dan sehat. Ada yang tidak bisa menghirup zat kimia yang terkandung di pewangi mobil. Hal ini menimbulkan masalah kesehatan bagi orang-orang itu.

 

Memanfaatkan bahan alami atau rempah-rempah sebagai pewangi mobil alami menghindarkan kita dari menghirup zat kimia berbahaya terus menerus dari pewangi mobil berbahan kimia.

 

Bahan alami pengganti pewangi mobil jadi pilihan tepat.  Selain menghindarkan bermacam masalah kesehatan karena zat kimia, hal ini juga lebih murah dan menghemat pengeluaran. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, (22/11/2019) bahan alami pengganti pewangi mobil.

 

1-Kopi

Salah satu pewangi mobil yang sering digunakan adalah kopi. Menghilangkan bau-bauan beraroma kopi lazim ditemui dan terkenal ampuh. Ada dua cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau di dalam mobil dengan kopi terutama yang berbentuk bubuk.

 

Pertama, kita bisa taburkan pada sumber bau dalam mobil. Kedua, bisa menempatkan bubuk kopi dalam wadah dan menaruhnya pada sumber bau.

 

2-Irisan Daun Pandan

Selain kopi, irisan daun pandan juga dapat digunakan sebagai pengganti pewangi mobil. Menggunakan bahan alami tak hanya menghindarkan dari resiko penyakit pernapasan akibat pemakaian pewangi sintetis kimiawi, tapi juga lebih hemat untuk kantong.

 

3-Sereh

Sereh juga dapat digunakan sebagai pengharum mobil bagi yang suka baunya. Dalam sereh terkandung minyak atsiri yang bermanfaat meningkatkan fungsi sistem saraf. Minyaknya gampang keluar dan teroksidasi dengan udara.

 

Semakin teroksidasi, semakin segar baunya. Cara penggunaannya ambil 20-25 tangkai sereh dan patahkan, lalu simpan di bawah jok.

 

4-Kayu Manis

Kita bisa memanfaatkan rempah beraroma khas ini sebagai pengganti pewangi mobil. Letakkan kayu manis di wadah kecil atau di kantong jala. Selain menebarkan aroma khas, bentuknya unik bisa juga dijadikan hiasan di dalam mobil.

 

5-Bunga Melati

Bunga melati terkenal wanginya yang khas. Bunga ini mudah didapatkan di pasar tradisional dengan harga Rp30-40 ribu per kg. Sebagai bahan alami pengganti pewangi mobil, cukup pakai seperempat kilogram dan tebarkan di bawah jok penumpang.

 

Bunga ini memiliki wangi yang berfungsi sebagai aromaterapi yang efektif mengendurkan saraf yang kencang, kecemasan, dan gangguan pada saraf.

 

6-Bunga Kenanga

Bunga Kenanga juga bisa dijadikan pengganti pewangi mobil. Daun Kenanga tunggal setangkai, berbentuk bulat telur dengan pangkal daun mirip jantung. Kenanga berminyak atsiri yang wanginya mengandung beberapa unsur penting seperti eugenol, linalool, dan geranio sebagai insektisida alami.

 

7-Baking Soda

Baking soda bisa dimanfaatkan menetralisir bau tidak sedap di mobil. Kita bisa menebarkan baking soda pada jok atau karpet mobil dan  membersihkannya pakai vacuum cleaner setelah mendiamkan 15 menit.

 

Cara lainnya, siapkan wadah kecil. Masukkan baking soda dan beberapa tetes minyak esensial favorit. Letakkan di mobil. Campuran baking soda dan minyak esensial akan menghasilkan aroma segar dan menghilangkan bau tidak sedap di dalam kabin mobil.

 

(Husnul Abdi; Bahan dari : https://hot.liputan6.com/read/4117195/7-bahan-alami-pengganti-pewangi-mobil-lebih-murah-dan-praktis)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close