Islam

Baznas Muba Bagikan Modal Untuk Warga Bayung Lencir

(khazanah.republika.co.id)-MUBA; Sebanyak 100 orang warga Kecamatan Bayung Lencir, Kab-Musi Banyuasin mendapat bantuan modal usaha dari Pemkab Musi Banyuasin, melalui Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Muba, Rabu (4/12). Penyerahan dilaksanakan di Kantor Camat Bayung Lencir.

 

Pendistribusian bantuan Baznas Muba ini diserahkan oleh tim dari Baznas Kabupaten Muba dipimpin oleh Ka Baznas Muba Lukmanul Hakim. Selain Program Ekonomi bantuan modal usaha untuk usaha produktif, juga pendistribusian program kemanusiaan berupa santunan fakir miskin sejumlah 50 orang.

 

Program ini juga bagian dari implementasi Perda Zakat yang di inisiasi Bupati Muba Dodi Reza bersama pihak legislatif Muba.  Ka Baznas Muba, Hakim, mengatakan program Bantuan Modal usaha ini Kecamatan Bayung Lencir baru pertama ini. Kecamatan lain sudah semua, ada 2 Kecamatan lagi yang belum, yakni Batanghari Leko besok kita lakukan, dan Babat Supat di tanggal 10 (Desember),

 

“Tahun 2020 program ini akan ada lagi, tapi seyogyanya penerimanya berganti, arti kata orang lain lagi penerimanya, Harapan kita mudah-mudahan bisa menambah modal usaha, bisa semangat lagi usahanya, bisa berkembang dan bisa berbagi melalui zakat juga,” Kata Lukman.

 

Kebahagiaan tampak tersorot dari penerima program Baznas. Salah satu penerima bantuan Program Ekonomi, Arsa Subik (30 tahun) warga Kelurahan Bayung Lencir Indah yang berusaha menjual bibit buah-buahan berterima kasih. Menurutnya, bantuan ini  membantu dan bisa menambah modal usahanya.

 

“Selama ini modal kecil-kecilan, omset belum menentu karena bibit dikit cuma bisa jual di Kecamatan Bayung Lencir, mudah-mudahan bisa memperbanyak bibit, kami ucapkan terimakasih kepada Baznas dan Pemkab Muba, semoga tiap tahun program ini ada, agar lebih banyak lagi yang terbantu,” katanya.

 

Senada diungkapkan Nursima (70), warga Kelurahan Bayung Lencir ini saat ditanyai mengaku bantuan ini dipergunakan olehnya untuk keperluan rumah tangganya. “Ya  di rumah akan digunakan beli kebutuhan dapur, mokasih nian ke Pemerintah sudah membantu bagi kami yang kurang mampu ini,” katanya.

 

Bupati Muba Dodi Reza berpesan ke penerima manfaat agar bisa memanfaatkam modal usaha ini dengan sebaik mungkin. “Pergunakan untuk mengembangkan usaha, saya mendoakan agar usahanya lancar,” ucap Dodi.

 

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah ini juga menambahkan, pemberian bantuan modal usaha dari Baznas Muba ini merupakan wujud bahwasannya Perda Zakat di Muba berjalan efektif. “Dan sangat memberikan kontribusi positif untuk masyarakat Muba,” ucapnya.

 

(Rep: Maman Sudiaman/ Red: Agus Yulianto;  Bahan  dari :  https://khazanah.republika.co.id/berita/q1zp2r396/baznas-muba-bagikan-modal-usaha-untuk-warga-bayung-lencir)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
  • Doa

Back to top button
Close
Close