Aku cinta Indonesia

Dana Desa Untuk Perubahan Iklim

(beritasatu.com)-JAKARTA; Sejak 2015, dana desa disalurkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Dana desa meningkat dari Rp122 juta (2015) jadi Rp1,5 miliar (2019) tiap desa. Namun, sebagian besar desa memakainya membangun infrastruktur, sarana kesehatan, dan fasilitas penunjang pendidikan.

 

Dari survei The Conversation Indonesia, dari 38 desa di Sultra, 30 desa di antaranya memakai dana itu untuk proyek infrastruktur (2017). Alasannya, masyarakat tidak paham perubahan iklim. Masyarakat yakin membangun jembatan lebih menguntungkan secara ekonomi daripada menyelamatkan lingkungan. Padahal masyarakat juga bisa mendapat keuntungan dari proyek pro lingkungan.

 

Pemerintah melalui Peraturan Menteri (Permen) menyediakan dana untuk aksi iklim yang diharapkan bisa mempercepat program menurunkan emisi gas rumah kaca.

 

Sebelumnya, pemerintah berkomitmen mengurangi emisi gas rumah kaca 29% setara 832.01 juta ton CO2 sejak 2015 hingga 2030. Untuk mencapai program ini, pemerintah butuh uang, dukungan dan partisipasi publik. Salah satunya pemberian insentif dana desa ke desa-desa di Indonesia.

 

Desa Bulunganyar di Pasuruan, Jatim berhasil mengurangi pengeluaran rumah tangga melalui program perlindungan lingkungan. Pemdes Bulunganyar memanfaatkan dana desa untuk membangun sarana instalasi biogas yang menghasilkan gas untuk memasak. Satu instalasi biogas seharga Rp22 juta dapat menyalurkan gas ke lima rumah di desa itu.

 

Adanya instalasi biogas, masyarakat tak perlu beli tabung gas untuk memasak. Mereka hanya bayar perawatan Rp7.500. Polusi sungai karena kotoran hewan yang biasa dibuang ke sana pun sekarang menjadi sumber biogas. Inovatif dan inspiratif.

 

Sudah sepantasnya pemerintah menyiapkan anggaran untuk menyediakan bantuan teknis lapangan ke setiap desa, agar hal tersebut dapat dirasakan di desa lainnya atau masyarakat menemukan inovasi baru untuk solusi perubahan iklim.

 

(Winda Ayu Lasarati; WIN;  Bahan dari : The Conversation dan https://www.beritasatu.com/nasional/591894/memanfaatkan-dana-desa-untuk-perubahan-iklim)-FatchurR *

*** Bagaimana implementasi Dana Desa di tempat Anda? (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close