(merdeka.com)- Pemprov DKI mengumumkan pelonggaran pemberlakuan PSBB dan mulai memasuki masa transisi mulai 5/6/20. Pemprov DKI juga akan mengizinkan ojek online beroperasi membawa penumpang pada 8/6/220.
Penyedia aplikasi layanan transportasi online Gojek menanggapi hal ini. Dalam keterangannya, Jumat (5/6), Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita menyebutkan, pihaknya menyambut baik hal ini. “Gojek menyambut baik karena mitra driver dapat kembali melayani transportasi bagi penumpang,” kata Nila.
Pasalnya, sebelumnya saat penerapan PSBB, mitra driver hanya melayani pengiriman barang (GoSend), pesan antar makanan (GoFood), berbelanja kebutuhan sehari-hari (GoMart), dan lain sebagainya.
Terapkan Prosedur
Pihak Gojek, kata Nila, telah menetapkan prosedur kesehatan dan kebersihan bagi layanan transportasi GoRide dan GoCar, ketika beroperasi, 8 Juni mendatang. Antara lain adalah:
1-Driver wajib pakai Masker dan sarung tangan
Mewajibkan mitra driver pakai masker, sarung tangan dan hand sanitizer sebagai syarat menjalankan order, sesuai dengan peraturan pemerintah.
“Dari berbagai protokol dan edukasi kesehatan yang kami lakukan melalui berbagai jalur, mitra driver kami memiliki tingkat kesadaran yang tinggi atas standar dan protokol kesehatan untuk memastikan keamanan diri mereka dan layanan yang mereka jalani,” kata Nila.
2-Penmpang wajb pakai masker
Pada layanan Goride dan Gocar, kami wajibkan penumpang menggunakan masker selama berkendara. “Kami menghimbau penumpang Goride untuk membawa helm SNI pribadi,” ujar Nila.
3-Dirikan 130 Posko aman Gojek di 16 Kota
Posko ini menyediakan 3 layanan rutin bagi seluruh mitra driver, yakni pengecekan suhu tubuh, pembagian healthy kit (masker dan hand sanitizer) dan penyemprotan disinfektan baik ke motor atau mobil yang digunakan mitra.
4-Fitur Informasi Kesehatan
Lewat fitur ini, pelanggan bisa tahu suhu tubuh mitra driver dan status disinfeksi kendaraan mitra driver melalui aplikasi Gojek. Fitur ini tak hanya membantu pengguna layanan Gojek untuk merasa aman dan memastikan layanannya memenuhi standar kesehatan dan higienis, tapi juga membantu para mitra driver Gojek untuk bisa bekerja dengan tenang.
5-Driver GoCar sekat pelindung pkastik
“Saat ini, ribuan armada kami dilengkapi sekat pelindung pembatas antara mitra driver dan penumpang. Jumlah ini akan terus bertambah ke depannya ini bagian dari standar keamanan dan kesehatan kami”.
6-Layanaan pengiriman tanpa kontak
Nila mengatakan, layanan pesan antar makanan GoFood, layanan telemedik dan pengantaran obat GoMed, serta layanan pengantaran barang GoSend, GoMart, GoShop dan GoBox tetap beroperasi melayani masyarakat selama periode masa transisi PSBB. “Masyarakat dapat memakai layanan ini tanpa kontak fisik secara langsung (contactless delivery),” katanya.
(faz; Bahan dari : Merdeeka dan https://www.merdeka.com/teknologi/sambut-baik-pelonggaran-psbb-jakarta-gojek-terapkan-prosedur.html)-FatchurR *