(m.wartaekonomi.co.id)-JAKARTA; Pemerintah memperpanjang waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik ke pelanggan PLN dengan daya 450 VA dan 900VA bersubsidi, Sosial dan Bisnis Kecil 450 VA.
Kebijakan itu untuk meringankan beban masyarakat akibat pandemi global Covid-19 yang berakibat lesunya perekonomian. Program pembebasan tagihan dan keringanan ini dimaksudkan melindungi masyakarat yang terdampak pandemi.
“Karena program ini perpanjangan, PLN optimis tidak ada kendala, dari sisi waktu penyiapan dan teknis pelaksanaan.”Ungkap EVP Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi.
Program ini memberi biaya listrik gratis ke pelanggan listrik kategori daya 450VA dan diskon 50% kepada pelanggan kategori daya 900VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.
Bagi pelanggan pasca bayar, bantuan ini masuk tagihan masing-masing dengan cara mendiskon tarif 100% untuk 450 VA dan 50% untuk 900 VA Bersubsidi. Pelangan pra-bayar atau yang pakai sistem token, besaran bantuan diperhitungkan berdasar rata-rata jumlah pemakaian pelanggan tertinggi antara bulan Januari hingga Maret 2020. Token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui situs, dengan cara:
1-Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
2-Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.
3-Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
4-Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis itu ke meteran yang sesuai ID Pelanggan.
PLN juga menggunakan layanan WA untuk mempermudah pelanggan mendapat token listrik, caranya :
1-Buka Aplikasi WhatsApp.
2-Chat WA ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3-Token gratis akan muncul
4-Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis itu ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat. Pelanggan juga bisa ke kantor layanan PLN yang tersebar di Indonesia atau melalui Contact Center 123 untuk informasi lebih lanjut.
“Kami terus memastikan stimulus listrik ini diterima oleh masyarakat, sehingga meringankan beban di tengah pandemi Covid-19 ini” Imbuh Agung. Dengan tambahan program stimulus Covid-19 di bidang kelistrikan, sampai saat ini ada 4 jenis golongan pelanggan listrik yang mendapatkan keringanan, baik berupa pembebasan tagihan maupun pemberian diskon.
Berikut ini daftar golongan pelanggan yang mendapatkan keringanan dan durasi waktunya:
1-Rumah Tangga 450VA Pembebasan tagihan/Token Gratis April s.d September 2020
2-Rumah Tangga 900VA Bersubsidi Diskon 50% tagihan/token April s.d September 2020
3-Bisnis Kecil 450VA Pembebasan tagihan/Gratis Mei s.d Oktober 2020
4-Industri Kecil 450 VA Pembebasan tagihan/Gratis Mei s.d Oktober 2020
Dari sisi jumlah penerima stimulus Covid-19, pelanggan Rumah Tangga 450VA sebanyak 23,5 juta sedangkan pelanggan 900VA Bersubsidi sebanyak 7,3 juta pelanggan. Sementara jumlah pelanggan Bisnis Kecil (B1) dan Industri Kecil (I1) sebanyak kurang lebih 500 ribu pelanggan.
Adanya kebijakan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat pandemi global Covid-19 yang mengakibatkan lesunya perekonomian.
(Penulis: Redaksi WE Online Editor: Tanayastri Dini Isna; Bahan dari : https://m.wartaekonomi.co.id/berita297578/begini-cara-dapat-listrik-gratis-agustus-2020)-FatchurR *