P2Tel

Pengumuman Dari KAI Soal Rapid Test

(finance.detik.com)-JAKARTA; Minggu terakhir ada sederet hari libur yang panjang. PT KAI, penyedia transportasi kereta jarak jauh mengumumkan sebuah imbauan terkait Rapid Test. Jelang libur panjang akhir Oktober 2020 ada peningkatan penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) dari PT KAI Daop 1 Jakarta.

 

Dari data pemesanan tiket per tanggal 24/10/20 menunjukkan angka tertinggi untuk keberangkatan antara tanggal 27/10/2020 dengan volume 7.270 hingga Rabu 28/10/2020 dengan volume 7.679 penumpang. Data itu dapat berubah karena ada pemesanan tiket secara online.

 

Jumlah rata-rata penumpang per hari di momen libur panjang ini bertambah 2x lipat lebih jika dibanding akhir pekan minggu lalu pada Jumat, 16/10/20 yakni 2.876 penumpang dan total KA yang dioperasikan  18 KA.

 

“Untuk mengakomodir pengguna jasa KA yang meningkat, maka periode momen libur panjang ini akan ada sampai 27 perjalanan KAJJ per hari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta dengan berangkatan awal dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota,” kata Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa keterangan tertulis, (25/10/2020).

 

Bertambahnya penumpang KA juga berdampak padatnya antrian rapid tes di stasiun. Pada 24 dan 25/10/20 layanan rapid di Stasiun Pasar Senen dan Gambir rata-rata 1.100 calon penumpang yang dites rapid. Untuk menghindari tertinggal KA, Penumpang dihimbau agar di  tes rapid H-1 sebelum jadwal keberangkatan bagi calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan rapid tes di stasiun.

 

“Calon penumpang agar mengatur waktu keberangkatannya dan menyiapkan rentang waktu cukup jika tetap akan di rapid tes pada hari yang sama dengan keberangkatan, tidak disarankan datang 3 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari resiko tertinggal KA mengingat antrian Rapid Tes di Stasiun padat,” tambahnya.

 

Rapid Test bagi calon tak harus di stasiun namun bisa klinik terdekat yang ada fasilitas rapid tes. Di area Daop 1 Jakarta layanan rapid tes bagi calon penumpang dilayani di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan jam operasional pukul 07.00 WIB s.d 19.00 WIB dan biaya Rp 85.000. Calon penumpang KA yang ingin di rapid tes di stasiun harus punya kode booking tiket KAJJ yang terbayar lunas.

 

Bagi yang reaktif saat rapid tes tidak diperkenankan naik KA dan tiket akan dikembalikan 100% diluar bea pesan serta disarankan memeriksa kesehatan lebih lanjut. Reservasi tiket KA dapat dipesan mulai H-7 sebelum keberangkatan online melalui Aplikasi KAI Access atau channel eksternal yang telah bekerjasama. Pelayanan tiket di loket stasiun hanya melayani goshow 30 menit sebelum KA berangkat.

 

(das; dna;  Danang Sugiyanto;  Bahan dari : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5228138/buat-yang-mau-plesiran-kai-ada-pengumuman-soal-rapid-test-nih)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

Exit mobile version