Iptek dan Lingk. Hidup

Arab Saudi Membangun Kota Megah Senilai 6750 Triliun

(solopos.com)-SOLO; Arab Saudi akan membangun kota megah di sepanjang perbatasan Yordania dan Mesir. Kota itu akan dilengkapi fasilitas berteknologi tinggi.

 

Kota ittu akan dinamai NEOM dan membentang lebih dari 26.500 Km2 atau memiliki ukuran 33 kali lebih besar dari salah satu kota terbesar di Amerika Serikat (AS), yakni New York.

 

Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman mengatakan kota ini akan fokus pada industri termasuk energi dan air, bioteknologi, makanan, manufaktur maju serta hiburan.

 

Saudi dilaporkan menyiapkan dana super besar, mencapai US$500 miliar atau Rp6.750 triliun untuk membangun kota tersebut. Dana itu berasal dari Investasi Publik Arab Saudi (PIF) dana kedaulatan kerajaan, investor lokal, plus internasional.

 

“NEOM terletak di salah satu arteri ekonomi paling menonjol di dunia, di mana hampir sepersepuluh dari arus perdagangan dunia melewati wilayah itu,” kata PIF dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Okezone dari Russia Today pada Rabu (25/10/2017).

 

“Lokasi strategisnya juga akan memfasilitasi kemunculan cepat zona tersebut sebagai pusat global yang menghubungkan Asia, Eropa dan Afrika yang memungkinkan 70% populasi dunia mencapainya dalam waktu kurang dari delapan jam,” sambungnya.

 

Pengumuman pembangunan kota ini di hari yang sama ketika Mohammed bin Salman mengumumkan Saudi berubah menjadi Islam “moderat” dari sebelumnya ultra konservatif.

 

(JIBI;  Bahan dari : https://www.solopos.com/arab-saudi-bakal-bangun-kota-megah-senilai-rp6-750-triliun-863484)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close