P2Tel

Yoga Virtual Bersama YFC Yakes Jabar (25-03-2021)-Yoga Melawan 10 Penyakit

Diinformasikan bahwa pada kegiatan rutin Yoga Virtual Bersama YFC Yakes Jabar kali ini hari Kamis tanggal 25-03-2021 diikuti tidak kurang dari 41 peserta dari Pesiunan Telkom se Area Jawa Barat.

Diantara mereka ada yang hadir termasuk OR Mandiri dengan berpasangan,  misalnya p. Memet + Ibu; p. Tatang Kartiwa + Ibu; bu Sumiyati dengan p. Dindin Sueandi, p. Rifai + bu Musriyati dan masih ada yang tidak bisa disebutkan disini (maaf)

Khusus peserta dari Klub KJS BLA dan yang ber-OR Mandiri pada hari Kamis tgl.25-03-2021 adalah :

A-Senam Yoga Virtual Bersama YFC.

1-Djuhana/500067.000

2-Fatchur Rochman/490197.000

3-Esih/500825.100

4-Tatang Kartiwa/490347.000

5-Sumariswati/410559.100

6-Entin Rustini/640498.000

Or Mandiri :

1-Memet Rs/470027.000 Jalan Santai.

2-Siti Haruti/470027.100 Jalan Santai.

3-Sukaeni/550697.100 Jalan Santai.

Sebelum  mengakhiri sajian ini ada baiknya kita ikuti cuplikan dari Jawapos.com berikut;

(jawapos.com)- Yoga OR yang makin digemari kaum urban. Ada sejumlah besar manfaat fisik dan mental seperti mengurangi  depresi, meningkatkan kesehatan jantung, membangun kekuatan dan fleksibilitas tubuh.

 

Yoga juga mencegah berbagai penyakit. Ahli menuturkan manfaat yoga. Dilansir dari India.com, Senin (24/6/19) ahli kecantikan Shahnaz Husain menjelaskan yoga untuk melepas kejenuhan. “Jadwal Saya sibuk, kerja berjam-jam. OR ini   ideal menghilangkan kelelahan dan membuat segar. Yoga menenangkan pikiran dan relaksasi total. Dan membantu saya  menghindari sakit punggung,” katanya.

 

Disebutkan oleh Boldsky, Penyakit seperti asma, hipertensi, diabetes, kecemasan dan depresi, nyeri sendi dan otot, sakit punggung, kanker dll dapat diobati dengan yoga. Perlu diingat berlatih yoga saja tidak menyembuhkan penyakit.

 

Tetapi yoga harus jadi bagian dari proses perawatan. Ada berjenis yoga di antaranya Hatha Yoga, Vinyasa Yoga, Ashtanga Yoga, Iyengar Yoga, Hot Yoga, Prenatal Yoga, Kundalini Yoga, dll. Berikut jenis-jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan berbagai jenis yoga:

 

1-Kanker

Yoga Asana (Hatha Yoga) meningkatkan kualitas hidup pasien kanker. Mempraktikkan Hatha Yoga sebagai bagian dari proses pengobatan kanker telah menunjukkan perbaikan biomarker seperti TNF-alpha, IL-1beta, dan Interleukin 6.

 

2-Nyeri Punggung

Nyeri punggung bawah disebabkan banyak faktor seperti cedera, postur buruk, gerakan berulang, atau penuaan. Hatha yoga, latihan yang efektif dalam pengelolaan nyeri pinggang kronis. Bentuk Yoga Hatha biasanya menggabungkan unsur-unsur posisi posisi tubuh, konsentrasi, pernapasan, dan meditasi.

 

3-Aterosklerosis Koroner

Pasien arteri koroner harus berlatih pernapasan dengan teknik Pranayama karena bisa menurunkan kadar kolesterol serum (kolesterol total, kadar trigliserida, dan kolesterol LDL) dan mengurangi berat badan.

 

4-Asma

Pranayama, latihan pernapasan yang dapat mengatasi dan mencegah serangan asma. Selama Pranayama, udara yang dihirup mendorong alveoli paru-paru yang tertutup atau tidak berfungsi. Cara ini mengisi kapiler paru-paru dengan lebih banyak oksigen dan mengatur laju pernapasan.

5-Diabetes

Surya Namaskar itu Asana Yoga 12 langkah dengan peregangan dan pernapasan, efektif  mengendalikan dan mengelola diabetes. Sebab akan meningkatkan produksi insulin dari pankreas.

6-Masalah Jantung

Pose kobra efektif mengobati jantung, karena meregangkan dan memperluas dada, yang memungkinkan lebih banyak aliran darah ke jantung dan menstimulasi. Latihan pernapasan lain (Kapalbhati) membantu mengobati penyakit jantung, karena mempromosikan asupan lebih banyak udara ke paru-paru dan lebih banyak oksigen menyebar ke sirkulasi darah paru-paru.

7-Kecemasan dan Depresi

Yoga backbend, bentuk yoga lainnya, efektif memerangi kecemasan-depresi. Sehingga menenangkan pikiran. Dalam serangan kecemasan, tubuh dan pikiran masuk ke mode panik membuat tubuh harus melawan hormon. Jadi, latihan pernapasan sederhana membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

8-Hipertensi

Sarvangasana Yoga  terbukti bermanfaat dalam mencegah dan mengobati hipertensi. Bentuk yoga ini dikombinasikan dengan relaksasi, psikoterapi, dan meditasi transendental memiliki efek anti-hipertensi.

9-Masalah Perut

Pose yoga sangat bermanfaat menyembuhkan masalah pencernaan dengan membantu pergerakan usus yang baik. Yoga juga membantu meredakan sindrom iritasi usus dan masalah terkait lambung lainnya.

10-Nyeri sendi dan oto

Pose yoga efektif mengobati nyeri tulang, sendi, dan otot dengan mengoreksi keselarasan punggung dan memperkuat otot punggung bawah. Surya Namaskar juga bermanfaat mengobati nyeri sendi dan radang sendi.

(Djuhana-KJS Tegallega Bandung Selatan; Sumber : Editor : Banu Adikara; Reporter : Marieska Harya Virdhani;  https://www.jawapos.com/kesehatan/24/06/2019/lawan-10-penyakit-ini-dengan-yoga -rutin/)-FatchurR

*** Anda punya masalah dan perlu solusi? Manfaatkan tanya jawab yang umumnya disediakan setelah acara yoga (FR)

Yoga Virtual Bersama YFC Yakes Jabar

Tulisan Lainnya :

Exit mobile version