P2Tel

Gelandangan Jadi Miliarder Berharta 38T

(economy.okezone.com)-JAKARA; Tak ada yang tahu nasib seseorang. Mungkin sebelumnya gelandangan dan tidak punya rumah, namun jadi miliarder dengan kekayaan Rp38 triliun. Dia John Paul DeJoria.

John kini pendiri perusahaan perawatan rambut John Paul Mitchell System dan produsen Tequila Patron Spirits Company. Bagaimana kisahnya? Kegigihan John berhasil membantu mengubah modal awal dari USD700 jadi bisnis miliaran dolar AS sampai sekarang.

Data Forbes terbaru, kekayaan miliarder usia (77) ini USD2,7 miliar atau Rp38,89 triliun. John dibesarkan oleh single mother di Los Angles sebelum diserahkan dalam sistem asuh karena tak mampu memberikan nafkah. Ketika usianya melebihi batas usia asuh, John jadi tunawisma lantaran tak punya tempat tinggal.

John melihat hambatan ekonomi sebagai peluang bekerja keras. Ketika tik punya uang untuk makan, dia jual kartu Natal. Saat tak bisa kuliah karena tidak mampu bayar, dia jual ensiklopedia. Dia tidak pernah bergantung pada orang lain.

“Jika Anda harapkan makan siang gratis datang, Anda tidak akan pergi jauh dan Anda akan bosan. Pergilah dan lakukan sesuatu,” kata dia, dikutip dari NBC News, Senin (11/10/2021).

Sebagai orang yang berjuang melalui usia 20-an, dia dapat banyak pelajaran sebelum memulai usaha pertamanya yang menguntungkan, John Paul Mitchell Systems.

DeJoria awalnya mempelajari bisnis perawatan rambut ketika bekerja untuk Redken dan Fermodyl Hair Care. Namun dia akhirnya dipecat dari dua perusahaan itu.

Keberhasilan John Paul Mitchell Systems dari hassil penjualan mulut ke mulut dan dapat perhatian dari distributor pertamanya, yang melunasi tagihan pertama mereka. Dari sana, produk perawatan rambutnya berhasil dijual di sejumlah salon dan berubah menjadi perusahaan bernilai jutaan dolar AS waktu 2 tahun.

(dni; Suparjo Ramelan; Bahan dari : https://economy.okezone.com/read/2021/10/11/455/2484668/gelandangan-jadi-miliarder-berharta-rp38-triliun-harus-jual-kartu-natal-demi-makan )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

Exit mobile version