P2Tel

Efek Minum Obat Diabetes Dibarengi Obat Herbal

(PRFMNews-Cuplikan)-Apa jadinya jika penderita Diabetes, berkeinginan untuk menggunakan jamu atau obat herbal bersamaan dengan obat-obatan Diabetes dari dokter.

Ada yang berfikiran, dengan mencampur kedua bahan obat itu ini bisa mendapatkan efek penurunan kadar gula darah yang maksimal, atau mungkin juga anda berfikiran dengan mencampur kedua bahan tersebut ini bisa menyebabkan penyakit Diabetes anda sembuh.

Namun mungkin anda juga bertanya “Kalau saya minum bersama-sama aman atau tidak ya?”, jadi di sini perlu diketahui, jika suatu obat ini digunakan bersama dengan jamu atau obat herbal yang memiliki mekanisme kerja yang sama, dikhawatirkan bisa menyebabkan efek ganda.

Mungkin anda berfikiran, misalnya meminum obat Diabetes ini kadar gulanya bisa turun 100, kemudian jika minum jamu ini kadar gulanya juga turun 100, nanti jika diminum bersama-sama ini bisa menurunkan kadar gula sampai 200.

Misalkan sebelumnya kadar gulanya ini 400, minum obat Diabetes dicampur dengan jamu, anda mengharap bisa gula darahnya turun menjadi sekitar 200-an. Namun dokter Cahyo Purnomo menjelaskan, kenyataannya tidak seperti itu.

Menurut dia, interaksi obat dengan jamu ini hitung-hitungannya tidak seperti itu, tidak selalu satu ditambah satu ini hasilnya adalah 2.

Namun seringkali yang terjadi adalah efeknya yaitu satu ditambah satu ini bisa menjadi 4, bisa menjadi 7 dan seterusnya atau ibaratnya ini efek berlipat ganda.

Dokter Cahyo menjelaskan,misalnya apabila orang mengkonsumsi ekstrak buah pare, di mana buah pare ini jika digunakan sebagai obat ini efeknya tidak sampai melebihi metformin 500 mg.

Sedangkan kita ketahui efek Metformin 500 mg ini menurunkan kadar gula darahnya juga tidak terlalu banyak.

Namun apabila buah pare ini dicampur dengan obat Diabetes ini seringkali menyebabkan orang mengalami hipoglikemia.

Selengkapnya dapat Anda baca dari sumber berita ini yaitu

https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/lifestyle/pr-135390964/efek-mengkonsumsi-obat-diabetes-dibarengi-obat-herbal-diabetes-dijelaskan-dokter-cahyo

(Lia Aulia Khairunnisaa dan Editor : Rifki Abdul Fahmi  dan disajikan ulang oleh FatchurR

Tulisan Lainnya :

Exit mobile version