P2Tel

Hambatan Melakukan Datul Autentifikasi Sm-1 Th 2024?

Masa penantian tanggal 15 Maret 2024 dirasakan oleh banyak PMP yang saya sebut saja Non Digital. Kelompok ini misalnya

a-Tidak punya HP atau HP nya jadul

b-HP nya Android, hanya bisa ber-WA atau ber-Youtube saja (mereka tidak bisa menjawab alamat email dan bahkan ketika ditanya no HP pun kesulitan

Umumnya mereka tidak kesulitan karena bisa Datul Mandiri karena dibantu teman atau Komisariat / PC nya. Dan atau oleh Pengurus setelah masa di Datulkan dimulai

c-Wong Digital dan Milenial pun, kadang bingung saat mendaftarke Dapen Telkom Mobile, karena setelah mendaftarnya beres, tidak ada notifikasi apapun dan baru belakangan muncul notifikasi, agar menunggu 3 hari untuk diverifikasi

Itu adalah risiko bahwa karena Perubahan itu abadi, khususnya kemajuan teknologi akan memudahkan satu pihak dan pihak lain menjadi dirugikan, atau dibuat susah. Jadi kita sebagai pensiunan harus legowo dan harus ikut arus perubahan

d-Banyak juga yang berhasil mendaftar, ketika melakukan Autentifikasi Datul, tetap tidak tahu bahwa Datulnya telah berhasil. Kelompok ini umumnya karena tidak membaca atau menonton Video tata cara Datul Autentifikasi

Singkat ceritera, saya ingin berbagi cara Datul ini dengan mengutip dari

https://www.dapentelkom.co.id/autentikasi-data-ulang-semester-i-2024, Bahwa

Periode Datul Sm-i 2024 dilaksanakan tanggal 30/01 sd 15/06/2024 melalui aplikasi Dapen Telkom Mobile. Sedangkan yang tidak bisa melakukan Autentifikasi Datul Ulang, Perangkat Pengurus Cabang bisa membantu mulai tgl 15/03/2024

Semangatnya meningkatkan Digital Experience bagi Great Heroes Telkom, Datul ini menggunakan teknologi Autentikasi wajah sehingga memudahkan proses Datul.

Langkah langkah menggunakan aplikasi Dapen Telkom Mobile :

a-Unduh (download) dan install aplikasi pada Appstore (iOS) atau Playstore (Android, sampai berhasil Install).

b-Maka tampil halaman login. Inputkan 6 digit NIK Karyawan Anda dan lalu tekan tombol Login.

c-Muncul tampilan End-User License Agreement (EULA) sebagai syarat dan perjanjian penggunaan aplikasi Dapen Telkom Mobile. Lanjut klik kotak dibawah untuk menyetujui lalu tekan tombol simpan. Selanjutnya : lakukan registrasi dengan 4 tahapan. Tapi siapkan dulu e-KTP (asli), berpakaian rapih dan sopan lalu melepas topi, kaca mata masker yang menutupi wajah. 4 tahap pendaftaran yaitu:

1-Foto Wajah

2-Foto e-KTP

3-Foto Selfie dengan e-KTP

4-Verifikasi nomor handphone

Jika tahapan pendaftaran selesai, data akan diverifikasi oleh admin Dapen Telkom maksimal 3 hari kerja.

Catatan : Dalam waktu maksimal 3 hari itu, tidak ada notifikasi lagi. Seperti yang selama ini banyak ditanyakan teman teman. Prinsipnya setelah masa itu dan Setelah pendaftaran disetujui Dapen Telkom, lakukan :

a-Login kembali dan lakukan verifikasi wajah (sebagai pengganti password) untuk masuk ke aplikasi. Jadi lebih mudah, tanpa harus mengingat password.

b-Untuk melakukan Data Ulang, silahkan klik menu Autentikasi Data Ulang dan lakukan Verifikasi Wajah. Setelah Berhasil, akan muncul notifikasi (gambar lonceng pojok kanan atas) dan Bukti Autentikasi Data Ulang di Kotak Masuk (gambar amplop di pojok kanan atas), maka Autentikasi Data Ulang Semester I 2024 telah selesai (bagi Penerima Manfaat Pensiun Baru Januari – Juni 2024 wajib Data Ulang pada periode Semester II 2024).

Silakan masuk menu profil, akan tampil detail informasi kepesertaan Anda, terdapat menu kontak darurat. Klik tombol [+] pada bagian kanan bawah untuk menambahkan data kontak darurat, lengkapi data kontak minimal 1 (satu) dan maksimal 2 (dua) buah data kontak, kemudian klik Simpan.

Pada kanan atas bagian profil, terdapat icon ubah data dan pengaturan.

Jika ingin melakukan ubah data pada data diri, klik tombol ubah data [icon pensil], kemudian ubah data diri yang diperlukan dan klik Simpan.

Klik icon pengaturan [icon setting] untuk pengaturan privasi, terdapat beberapa opsi pengaturan profil anda yang dapat ditampilkan atau tidak, pada saat pencarian di menu rekan. Setelah pengaturan selesai, klik tombol Simpan.

Bila membutuhkan bantuan atau informasi lain, dapat menghubungi Customer Service Dapen Telkom yang terdapat pada tombol bantuan.

Ada baiknya Anda mencatat nomor Kontak CS Dapen yang tertera pada Kalender P2Tel, sehingga Anda bisa mendapatkan solusi jika ada permasalahan dengan Dapen dan Yakes

Jika selesai menggunakan aplikasi, Anda dapat klik tombol keluar untuk logout.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak video melalui link

 https://bit.ly/DapenTelkomMobile_video atau unduh panduan Autentikasi Data Ulang Dapen Telkom Mobile melalui link

https://bit.ly/DapenTelkomMobile_panduan.

Terima kasih sudah menggunakan aplikasi Dapen Telkom Mobile!

(Diedit dan dilengkapi oleh FatchurR-PP P2Tel ; Sumber dari :

https://www.dapentelkom.co.id/autentikasi-data-ulang-semester-i-2024-menggunakan-aplikasi-dapen-telkom-mobile)- FR

Tulisan Lainnya :

Exit mobile version