P2Tel

Kolaborasi Wujudkan Aksi Peduli & Bhakti Bagi Putra Pertiwi Gelar Khitanan Massal dan Santunan Pensiunan Telkom Prasejahtera 2024

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)

Peduli dan Bhakti Bagi Putra Pertiwi.

Khitanan massal dan Santunan Pensiunan Telkom Prasejahtera digelar pada Sabtu, 24 Agustus 2024 di Gedung Grha Telkom Witel Banten Lantai 7 yang berlokasi di BSD City.

Sebagai penyelenggara bersama adalah 5 perusahaan atau organisasi Telkom (Witel Banten), MITRATEL, Ikatan Alumni Teknik Elektro (IAE) ITB, Yayasan AHATAMA dan  P2Tel SEJABODETABEK. Sedangkan sebagai mitra Operator Khitan adalah   Klinik Sapta Mitra.

Jumlah peserta khitan yang terdaftar 123 anak (hadir 112 anak dan tidak hadir 11 anak karena sakit dan mengundurkan diri), dari 112 anak yang hadir (dikhitan 108 anak dan tidak jadi khitan 4 anak karena obesitas dan belum tumbuh kuncup).

Selain itu santunan Pensiunan Telkom Prasejahtera bagi 52 PMP P2Tel Tangerang Selatan dengan total santunan  Rp 26.000.000,-. Selain itu  bantuan sosial dari MTTG Area Tangerang untuk P2Tel Tangerang Kota dan P2Tel Tangerang Selatan sebesar Rp. 500.000,- masing-masing.

Terakhir paket tebar beras 1 ton bagi P2TEL SEJABODETABEK dari LAZ ZAKATEL. Sebagai tagline acara ini adalah  Peduli dan Bhakti Bagi Putra Pertiwi sehingga relevan dengan suasana Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesa yang ke 79.

Pembukaan, doa  dan laporan Panitia.

Acara pembukaan dimulai pada pk 07.00 Wib dengan pembawa acara Wursanto menyapa para hadirin dan menyampaikan susunan acara pembukaan. Untuk lebih khidmat dan berkahnya acara ini maka dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Muchlas (KPC P2Tel Tangerang Kota) semoga Allah mudahkan dan berkahi segala urusan ini sebagai perwujudan menebarkan manfaat dan berlomba dalam kebaikan.

Dalam kesempatan ini Suradi selaku Ketua Panitia Pelaksana, dalam laporannya menyatakan bahwa penyelenggaraan  Khitanan Massal dan Santunan Pensiunan Telkom Prasejahtera  yang merupakan penyelenggaraan bersama tanpa sponsor dan sarat dengan muatan sosial dengan tema Peduli dan Bhakti Bagi Putra Pertiwi.

Kami mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara Khimas & Santunan Pensiunan Telkom Prasejahtera (Telkom Witel Banten, MITRATEL, Yayasan AHATAMA, IAE ITB dan P2Tel se JABODETABEK) sekaligus mohon berkenan menyampaikan sambutan.

Terimakasih juga kepada Klinik Sapta Mitra sebagai operator khitan dan LAZ ZAKATEL dengan Tebar Berasnya, bantuan sosial MTTG Area Tangerang  serta pihak-pihak yang telah mendukung penyelenggaraan acara ini.

Terimakasih kepada pak ASA yang telah banyak memberikan atensi, inspirasi dan motivasi berbuat peduli dan bhakti bagi putra pertiwi ini. Terimakasih juga kepada seluruh panitia yang bekerja cerdas, tuntas dan ikhlas.

Survey khitanan massal.

Dalam kesempatan yang berharga ini sebagai upaya mendapatkan feedback dari para responden (orang tua atau pendamping peserta khitan dan selain orangtua atau pendamping peserta khitan) dilakukan  survey online.

Harapan kita program P2Tel JAYA dengan kegiatan Khitanan Massal dan Santunan Pensiunan Telkom Prasejahtera ini terus dilanjutkan ke lokasi berikutnya sehingga semakin menebarkan manfaat bagi saudara kita yang lebih membutuhkan dan  semoga menjadi amal kebaikan dan bernilai ibadah bagi kita. Aamiin.

Pengarahan bagi orang tua dan atau pendamping peserta khitan.

Sebagai bagian dari layanan khususnya kepada orang tua atau pendamping peserta khitan maka dr. Choirul Anwar  (Klinik Sapta Mitra) yang telah memiliki banyak jam terbang di kegiatan khitanan massal merasa bersyukur bisa membantu mereka yang dikhitan karena hanya sekali dalam hidup dan pahalanya terus mengalir.

Selain itu memberikan pengarahan medis dengan poin penting antara lain niatkan khitanan ini sebagai ibadah, ada seorang pendamping ketika masuk bilik khitan, layanan khitan yang membutuhkan ekstra, penggunaan bius yang memadai, minum obat, observasi paska obat, istirahat yang cukup sesampainya di rumah, lakukan kontrol dengan layanan pada Selasa, 27 Agustus 2024 pk. 09.00-12.00 Wib di Gedung Grha Telkom Witel Banten di BSD.

Sambutan para Penyelenggara untuk kita. 

Dirut MITRATEL (Teddy Hartoko) merasa senang sekali diajak di acara sosial seperti  ini sebagai perwujudan meniti jalan kebaikan.

Ikut menebarkan kebaikan dan berkontribusi  bagi lingkungan yang lebih membutuhkan serta berkarya nyata (bukan sekedar diskusi tanpa bukti).

Disadari bahwa sejatinya apa yang kita peroleh  ada sebagian  hak bagi orang lain yang lebih membutuhkan,

Pembina Yayasan AHATAMA (Abdus Somad Arief atau lebih dikenal ASA) dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan turut berkontribusi dalam rangkaian kegiatan sosial ini.

Merasa  bersyukur karena Yayasan AHATAMA yang masih kecil dan relative muda (dibentuk 2018) namun logonya disejajarkan dengan beberapa perusahaan dan organisasi besar.  Hal mendasar yang menginspirasi penyelenggaraan acara ini adalah firman Allah dalam Al Quran surat Al Maidah ayat 48 yang artinya ;

“Kami telah menurunkan kitab suci (Al-Qur’an) kepadamu (Nabi Muhammad) dengan (membawa) kebenaran sebagai pembenar kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan sebagai penjaganya (acuan kebenaran terhadapnya). Maka, putuskanlah (perkara) mereka menurut aturan yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu mereka dengan (meninggalkan) kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Seandainya Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikanmu satu umat (saja). Akan tetapi, Allah hendak mengujimu tentang karunia yang telah Dia anugerahkan kepadamu. Maka, berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang selama ini kamu perselisihkan.”

Selain itu ada sebuah Hadits yang menyatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang memberikan manfaat bagi sesama. Kita sadari manfaat dari kegiatan ini jauh lebih panjang dibandingkan dengan umur kita.

ASA juga merasakan sebagai alumni dari 5 perusahaan atau organisasi penyelenggara acara ini. Ada 2 program yang pahalanya terus mengalir bahkan tidak terhenti meski sudah meninggal dunia  yaitu program bea siswa dan khitanan massal. Semoga ikhtiar kit aini memberikan yang terbaik, bermanfaat dan berkah.

Pratiknyo selaku Ketua IAE ITB merasa senang sekali dilibatkan dalam acara ini karena bukan JARKONI alias iso ngajar ora iso nglakoni (Bisa mengajar tapi tidak mengerjakan).

Menyampaikan ucapan terimakasih bisa turut berkontribusi berbagi, menebarkan manfaat dan keberkahan. Pratiknyo juga siap bila diajak kembali dalam kegiatan yang bermuatan sosial dan berbuat kebaikan ini.

PP P2Tel juga hadir dalam acara ini dan memberikan sambutan  disampaikan oleh Ganjar Nugraha yang mengungkapkan harapan silaturahim ini bisa terus berlanjut.

Acara ini menjadi kegiatan sosial yang luar biasa karena diikuti sebanyak 108 anak pemberani. Ke depan siap dan terbuka untuk diajak dan dilibatkan dalam acara yang bermuatan sosial ini. Terus berlanjut dan tebarkan manfaat.

Di penghujung sambutan penyelenggara adalah GM Witel Banten (Adam Widodo) yang sekaligus mewakili EVP Teritori 2. Dalam kesempatan ini GM Witel Banten menyampaikan filosofi Jawa yaitu “Urip kuwi Urup” yang artinya bahwa hidup itu untuk menghidupkan orang lain terutama yang lebih membutuhkan.

Merasa salut, surprise dan bersyukur meski sudah pensiunan namun tetap komitmen dan konsisten menerbarkan manfaat. Selain itu terbuka dan turut memberikan sumbang sih seperti penggunaan ruang di gedung Grha Telkom ini yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan berikutnya.

Ungkapan terimakasih.

Pada kesempatan usai pengarahan tim medis dan sambutan para penyelenggara acara ini maka diserahterimakan piagam ucapan terimakasih dari KPC P2Tel Tangerang Selatan selaku Steering Committee dan Suradi selaku Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee) sebagai penghargaan atas kiprah dan karya nyata turut berkontribusi dalam rangkaian penyelenggaraan acara ini.

Indah dan berkahnya berbagi kepada yang lebih membutuhkan.

Acara semakin semarak dan bermuatan aksi sosial dimulai dengan penyerahan bantuan sosial dari MTTG Area Tangerang (Wawan selaku Ketua MTTG Area Tangerang) kepada KPC Tangerang Kota (Muchlas) dan KPC P2Tel Tangerang Selatan (A. Yuri Gartina).

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis paket tebar beras 1 ton dari LAZ ZAKATEL yang disampaikan secara langsung oleh Ketua LAZ ZAKATEL (Abdul Rochman) kepada Koordinator Forkom P2Tel SEJABODETABEK (Riyadi).

Seriring dengan kegiatan utama acara ini adalah penyerahan santunan pensiunan Telkom prasejahtera (sebanyak 52 PMP P2Tel Tangerang Selatan) yang diserahterimakan oleh Pembina AHATAMA (ASA) kepada KPC P2Tel Tangerang Selatan  secara simbolis senilai 26 juta.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan langsung kepada 3 (tiga) perwakilan PMP P2Tel Tangerang Selatan.

Usai acara pembukaan dilanjutkan dengan prosesi khitanan massal dengan memenuhi alur mulai meja registrasi peserta khitan, foto booth, ruang tunggu, bilik khitan, bilik observasi, ruang obat, penyerahan goodiebag dan uang pengganti transport serta pelaksanaan survey online dan atau offline.

Pada saat yang bersamaan juga diakukan penyerahan paket tebar beras 1 ton dengan visualisasi sebuah mobil box di depan gedung Grha Telkom Witel Banten di BSD sebagai wujud kepedulian kepada keluarga prasejahtera SEJABODETABEK dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 79 dengan nuansa warna merah dan putih.

Apa kata mereka.

Suasana gedung Grha Telkom Witel Banten di BSD semakin ramai dikunjungi oleh peserta khitan beserta orang tua dan atau pendampingnya dengan menempati kursi tempat duduk yang telah disiapkan.

Mereka dihibur oleh organ tunggal dan film anak-anak sehingga memberikan rasa kegembiraan bagi peeserta khitan dan pendampingnya. Ada testimoni yang mewakili peserta khitan beserta pendampingnya yang menyatakan merasa bersyukur dan terharu atas penyelenggaraan acara sosial ini.

Menyampaikan ucapan terimakasih dan merasa puas atas pelayanan yang diberikan mulai dari registrasi sampai dengan selesai mendapatkan goodiebag dan dinyatakan boleh pulang oleh panitia. Ada sebuah harapan acara seperti ini bisa dilanjutkan kembali dan mendoakan semoga Telkom makin jaya dan makin maju.

Riyadi selaku Koordinator Forkom P2Tel SEJABODETABEK juga sangat berkesan atas penyelenggaraan acara ini.

Pertama, sebagai bentuk ibadah dan shodaqoh jariyah yang in syaa Allah pahalanya terus mengalir.

Kedua, sebagai implementasi perintah untuk menjalin silaturahim saling ketemu saling sharing memberi dan menerima terutama yang terkait di jalan kebaikan.

Ketiga, sebagai kegiatan sosial kemanusiaan untuk menolong sesame saudara yang kurang mampu yang luar biasa meskipun belum optimal memenuhi seluruhnya. Adapun yang harapan bersama acara yang sejenis ini bisa dilaksanakan lagi dengan meningkatkan kuantitas maupun kualitasnya.

Senada dengan testimoni sebelumnya maka dr. Elok juga merasa bersyukur atas terlaksananya kegiatan sosial ini bagi saudara kita yang lebih membutuhkan.

Semoga mendapat ridho Allah, berkah dan bermanfaat baik bagi yang menerimanya maupun penyelenggaran dan panitia yang memfasilitasinya.

Acara ini juga menjadi insight bagi lembaga yang lain yang turut menyaksikan prosesi khitanan massal ini. Semoga acara ini bisa berkelanjutan dan memberikan hikmah bagi yang lainnya. Tetap sehat, sejahtera, bahagia dan makin istiqomah dalam ketaatan.

Belajar dari hari ini P2Tel semakin besar dan semakin besar serta pembelajaran kita. Menegaskan kembali bahwa acara satu tujuan  yaitu bertransaksi dengan Tuhan Maha Kuasa bukan dengan manusia supaya hidup kita semakin baik bekalnya.

Terimakasih atas support dan bimbingan serta konsultasi serta dukungan seluruh panitia pelaksana. Demikian closing remark bagi panitia pelaksana oleh ASA dan ditutup dengan bacaan hamdallah bersama.

Di penghujung tulisan ini Suradi kemudian menutupnya dengan pesan moral berupa pantun : Bila tuan ke Yogyakarta, jangan lupa belanja oleh-oleh bakpia. Kita sungguh berbahagia, bisa menjalankan amanah mulia.

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR *

Tangsel-Kolaborasi Wujudkan Aksi Peduli & Bhakti

Tulisan Lainnya :

Exit mobile version